Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam

Sakolan Sakolan

Abstract


Dalam pendidikan Islam, analisis lingkungan internal dan eksternal merupakan langkah utama dalam menyusun rencana strategis. Perencanaan strategis umumnya terdiri dari tiga langkah: pengembangan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Pengembangan strategi melibatkan pengembangan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal bagi organisasi, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan strategi alternatif, dan mengidentifikasi strategi khusus untuk diterapkan. Iklim dan lingkungan merupakan faktor penting dalam merumuskan tujuan organisasi, sehingga untuk meningkatkan suatu organisasi diperlukan semua informasi yang relevan untuk mencapai kualitas pendidikan tinggi. Sebuah organisasi dengan budaya organisasi yang baik berkembang lebih dari sebuah organisasi dengan budaya organisasi yang lemah. Analisis lingkungan internal dan eksternal yang mengintegrasikan budaya dan tugas pokok organisasi ini memerlukan proses pembelajaran yang melibatkan perubahan budaya dan pengembangan keterampilan transformasional di perguruan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Adnan, M. (2017). Urgensi penerapan metode paikem bagi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 133-150.

Apriliani, I., & Ghazali, H. (2016). Toleransi remaja Islam kepada pemeluk agama yang berbeda: Studi ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) SMA di Bekasi, Jawa Barat. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(1), 1-22.

Fahmi, M. (2014). Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 273-298.

Faizin, F., Al Farisi, Y., & Wafi, A. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Penguatan Kecerdasan Spiritual Di Sekolah. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 3(1), 85-95.

Firdaus, Z. (2017). Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5(2), 46-55.

Herawati, E. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Nilai-Nilai Agama Islam di SMK Negeri 05 Bengkulu Selatan. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 14(1).

Maghfiroh, L. (2019). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 21-36.

Masduqi, A. (2017). Hubungan Antaragama dalam Bidang Pendidikan, Perkawinan, Penguburan Jenazah, dan Upacara Hari-Hari Besar Keagamaan. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 9(2), 297-322.

Muthoharoh, M. (2021). Historis Pendidikan Islam serta Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 28(1), 1-14.

Ridhwan, R. (2018). Pendidikan Karakter dalam Lontara Latoa. EKSPOSE JURNAL HUKUM DAN PENDIDIKAN, 27(1).

Sinaga, S. (2017). Problematika pendidikan agama islam di sekolah dan solusinya. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 14-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.18973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats