Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru dimoderasi Supervisi Akademik

Handayani Handayani, Sunarto Sunarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan efikasi diri terhadap kinerja guru dimoderasi supervisi akademik pada guru-guru SMK di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dengan jumlah populasi 113 orang. Semua anggota populasi dijadikan responden. Dari 113 kuesioner yang disebar, kuesioner yang dikembalikan sejumlah 108 kuesioner. Berdasarkan uji instrumen yaitu uji validasi dan uji reliabilitas telah diperoleh indikator-indikator yang valid dan reliabel untuk dianalisis lebih lanjut. Model regresi diuji dengan uji koefisien determinasi dan uji F. berdasarkan uji F diperoleh bahwa model layak untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil uji koefisien determinasi menggambarkan kontribusi variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Hipotesis diuji menggunakan uji t menggunakan Moderation Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, komitmen guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru, supervisi akademik tidak memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap kinerja guru dan supervisi akademik tidak memoderasi pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru. Hasil uji koefisien determinasi menggambarkan kontribusi variabel independen X1 berpengaruh terhadap variabel dependen dan variabel independen X2 tidak berpengaruh terhadap variabel dependen. Hipotesis diuji menggunakan uji t menggunakan Moderation Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap kinerja guru, efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru, supervisi akademik memoderasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dan supervisi akademik tidak memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Amanda, M. O., Salam, R. and Saggaf, S. (2017) ‘Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep’, Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial, 2, pp. 149–154.

Ambarita, B., Siburian, P. and Purba, S. (2014) ‘Development of Academic Supervision Model which Based on Educational Management’, International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 18(1), pp. 304–314.

Bandura A. (2002). Exercise of Personal Collective – Efficacy in Changing Society. Cambridge University Press. Cambridge. UK. pp: 1 – 45.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Supervisi Akademik : Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah.

Hakim, Adnan (2015), Contribution of Competence teacher (Pedagogical, Personality, ProffesionalCompetenceand Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES), vol.4 ISSN (e), 2015, pp.01-12

Harjanto, Eka (2015). PengaruhMotivasiBerprestasi Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Mengajar Guru, Manajemen Pendidikan, Vol.24 No. 5, Maret 2015, 456-466

Khurshid, F., Qasmi, F.N., & Ashraf, N. (2012), The Relationship Between Teachers’Self Efficacy And Their Perceived Job Performance, Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Businnes, Vol. 3 , No. 10, 2012,

Nanda, N. M., Tjahjono, H. K. and Nuryakin (2001) ‘Effect Of Pedagogical Competence And Teacher’s Self-Efficacy Toward Classroom Management Moderated Academic Supervision’, Proceedings 6th NCAB (National Conference on Applied Business), (1991), pp. 1–8.

Nordentoft, H. M., Thomsen, R. and Wichmann-Hansen, G. (2013) ‘Collective academic supervision: A model for participation and learning in higher education’, Higher Education, 65(5), pp. 581–593. doi: 10.1007/s10734-012-9564-x

Prasetyono, H., Abdillah, A. and Fitria, D. (2018) ‘Academic Supervision toward Teacher’s Performance through Motivation as Intervening Variable’, Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), pp. 188–197. doi: 10.11591/edulearn.v12i2.7324.

Purwanto, Ngalim. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: RemakaRosdakarya Offset.

Rahman H M. (2014). Professional Competence, Pedagogical Competence, and Performance Junior High School of Science Teacher. Journal of Education and Practice. Pp. 75 – 80.

Salam, Rudi, Rosdiana, (2016.) Penerapan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern Berbasis Daya Saing Organisasi Dalam MenyongsongMea2015. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu- ilmu Sosial 1 (1), 186-190

Salam, Rudi, Rosdiana, (2016.) Penerapan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern Berbasis Daya Saing Organisasi Dalam MenyongsongMea2015. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu- ilmu Sosial 1 (1), 186-190

Salimah&Mindarti, C.S. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru yang Dimediasi Oleh Komitmen Organisasi, Telaah Manajemen Vo. 14 Edisi 1, Pebruari 2017, ISSN : 1693-9727, 119-126.

Slamet and Sutopo, Y. (2017) ‘Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Efikasi Diri Di Moderasi Dengan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru’ Program Pascasarjana Universitas Stikubank, 14(Telaah Manajemen), pp. 57–42.

SUKARDEWI, D. N., Dantes, N., &Natajaya, I. N. (2013). Kontribusi adversity quotient (aq), etoskerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru sma negeri di Kota Amlapura. JurnalAdministrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Sunu, IGK.A., Jumari&Yudanu, M. D. (2013), Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan, Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, Vol. 4

Suwaro, Djoko, and Lie Liana. 2017. “Supervisi Akademik Memoderasi Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Modal SosialTerhadap Kinerja Guru (Studi Pada Smk Negeri 2 Pati).”Dinamika akuntansi, Keuangan dan Perbankan 6(2): 153–63.

Untara, Sutrisno Budi, and Lie Liana. 2014. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Moderasi Supervisi Akademik Studi Pada Guru Kelas Sd Di Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang.” Manajemen Bisnis 3(2): 104–205.

Usman, Moh. Uzer. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v5i1.16466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats