Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Negeri se-Kabupaten Bintan

Asep Mukti, Amalia Sapriati, Bambang Aryan Soekisno

Abstract


Sekolah merupakan salah satu lembaga alternatif pelayanan pendidikan. Sekolah sebagai suatu lembaga yang memiliki visi, misi, tujuan dan fungsi sehingga memerlukan tenaga profesional, tata kerja organisasi dan sumber-sumber yang mendukung baik finansial maupun non finansial salah satunya adalah guru. Peningkatan kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh kinerja guru. Kinerja guru yang optimal jika diintegrasikan dengan komponen-komponen yang ada di sekolah, diantaranya kepala sekolah dan lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, lingkungan kerja terhadap kinerja guru, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah bersama-sama dengan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Bintan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Item angket yang diberikan telah dianalisis validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (2) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (3) kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja sama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Bodewes, T. (2011). Leadership & Employee Behaviour in Organizations: the mediating effect of regulatory focus on the relation between leadership style and employees creativity and in-role performance (Master's thesis, University of Twente).

Darling-Hammond, L., LaPointe, M., Meyerson, D., Orr, M. T., & Cohen, C. (2007). Preparing school leaders for a changing world: Lessons from exemplary leadership development programs. School Leadership Study. Final Report. Stanford Educational Leadership Institute..

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI.

Djunaidi. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), 89-118.

Duquesnoy, P. (2011). Generations, leadership style and employee performance. Human Resource Studies, Tilburg University.

Hasan, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Ampana. Katalogis, 5(10), 75-81.

Hayward, B. A., Amos, T. L., & Baxter, J. (2008). Employee performance, leadership style and emotional intelligence: An exploratory study in a South African parastatal. Acta Commercii, 8(1), 15-26..

Indrafachrudi. (2000). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: P3T IKIP Malang

Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal Dan Faktor Eksternalterhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630-638.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nitisemito. (2002). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Prasertwattanakul, S., & Chan, P. (2007). Impact of leadership style on performance: A study of six sigma professionals in Thailand. Asia and Pacific DSI, 1-11.

Sampurno, D., & Wibowo, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(2), 165-180.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Media Group

Saputro, G. A., & Fathoni, A. (2017). Analisis Pengaruh (Human Relation/ Hubungan Antar Manusia) dan Kondisi Fisik Lingkungan Kerja Terhadap Etos Kerja dan Kinerja Karyawan PT Karunia Adijaya Mandiri Semarang. Jurnal Universitas Pandanaran, 1-9.

Sedarmayanti. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Refika Aditama.

Shahhosseini, M., Silong, A. D., & Ismaill, I. A. (2013). Relationship between transactional, transformational leadership styles, emotional intelligence and job performance. Researchers World, 4(1), 15.

Sofyan, D. K. (2013). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja kerja pegawai bappeda. Industrial Engineering Journal, 2(1).

Sulistiya, M. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2), 37067.

Titisari, T., Warso, M. M., & Haryono, A. T. (2016). Analisis pengaruh Karakteristik Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Performa Perusahaan dengan efektifitas Kinerja Karyawan sebagai variabel Intervening (Studi kasus pada PT Indofood Semarang). Journal of Management, 2(2).

Volman, I. (2007). The Impact of Leadership on Performance: A South African Case Study. South Africa: Tshwane University of Technology.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Yumaroh, M., & Andriani, L. (2017). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. SJEE: Scientific Journals of Economic Education, 1(1), 76-84.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publish.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v5i1.16390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats