Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum Pantai Raja Kabupaten Kampar

Fahrur Rozi, Mas'ud Zein, Muslim Afandi

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum Pantai Kabupaten Kampar dengan fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru Di MTs PP Bahrul ‘Ulum Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar? 2) bagaimana peningkatan kinerja guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum Pantai Raja kecamatan Kabupaten Kampar? 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum  Pantai Raja Kecamatan  Kabupaten Kampar?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti yang dilakukan langsung di lapangan guna memperoleh data yang dibutuhkan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode diskriprtif analisis dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan tehnik miles dan huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi klinis berjalan cukup baik dengan tiga tahapan, yaitu pertemuan awal, tahap observasi pengajaran, dan tahap pertemuan balik. 2) Pelaksanaan supervisi klinis memberikan peningkatan kinerja bagi guru, guru mampu membuat dan mengimplementasikan RPP dengan baik, guru mampu menggunakan metode yang bervariasi dalam pelaksanaan pembelajaran, guru mampu berinovasi dalam penggunaan media penunjang pembelajaran. 3) Faktor Dukungan: dukungan dari kepala madrasah dan pihak yayasan, adanya apresiasi yang tinggi yang diberikan pihak yayasan terhadap pelaksanaan supervisi klinis, hubungan baik antara guru dengan kepala madrasah, antusias guru dalam mengikuti supervisi dan adanya fasilitas yang disediakan. Adapun hambatan dalam pelaksanaanya: kesibukan kepala madrasah, adanya ketakutan dalam diri guru ketika ingin disupervisi, banyaknya tugas yang harus diselesaikan guru, dan bencana alam yang sering terjadi sehingga madrasah diliburkan.

Kata Kunci: Supervisi Klinis, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

 


References


Abas, E. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: Gramedia.

Aedi, N. (2014). Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Arifin, M. & Barnawi. (2014). Kinerja Guru Profesional, Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian, Cet Ke I. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. (2012). Manajemen Pendidikan, Yokyakarta: Aditya Media.

Asmani, J., M. (2012). Tips Efektif Pendidikan di Sekolah. Yokyakarta: Diva Press.

Bafadal, I. (1992). Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Denim, Sudarman, dkk. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman, P., & Suryana, A. (2012). Guru profesional. Bandung: Refika Aditama.

Huberman & Milles. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Pers.

Jasmani, A. & Mustofa, S. (2013). Supervis Pendidikan Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Sekolah Pengawas dan Guru. Yokyakarta: Arrus Media.

Lamatenggo, N & B Uno, H. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Makawimbang, J., H. (2013). Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Marmoah, S. (2016). Administrsi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik, Cet, 1. Yokyakarta: Deepublish.

Melayu S.P, H. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Implementasi kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK, Cet 4, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Sukabumi: Jejak.

Pidarta, M. (2009). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Priansa, D. (2014). Kinerja dan Pofesionalisme Guru. Bandung: Alfhabeta.

Purwanto, M., N. (2008). Adminstrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M., N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sahertian, Piet A. (2008). Konsep dasar dan Tehnik Suprvisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Samana, A. (1994). Profesionalisme Guru. Yokyakarta: Kanisius.

Segala, S. (2009). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Motode Penelitian R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Supritihaningrum, J. (2014). Pedoman Kerja Kualifikasi, dan Kompetensi Guru, Cet Ke I. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i1.11560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats