Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan Model CIPP di SD Negeri 020 Galang Kota Batam

Raja Muhammad Sabri, Ayi Darmana, Maman Rumanta

Abstract


Pemerintah Indonesia melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mana selama ini masih kurang. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam manajemen berbasis sekolah yang lebih baik dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, mengawasi serta membantu sekolah dalam pengelolaan dan proses pembelajaran. Model yang dijadikan dasar evaluasi manajemen berbasis sekolah dalam penelitian ini adalah model CIPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: konteks, input, proses dan produk pada Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini melibatkan 153 orang, terdiri dari siswa-siswa kelas 4, 5, 6, guru dan wali murid di SD Negeri 020 Galang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Item angket yang diberikan telah dianalisis validitas konstruk dan empirik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks persentase yang diperoleh 58,95% termasuk kedalam kategori cukup baik, (2) evaluasi input, persentase 40,30% termasuk dalam kategori kurang baik, (3) evaluasi proses, dengan persentase 34,91 % termasuk kedalam kategori kurang baik, (4) evaluasi produk, dengan persentase 45,96% termasuk dalam kategori cukup baik. Tetapi, secara keseluruhan masih belum maksimal. Dapat disimpulkan bahwa manajemen berbasis sekolah di SDN 020 Galang Kota Batam belum berjalan maksimal, terutama dari aspek input dan proses.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aziz, S, Mahmood, M. & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, Volume 5 No. 1 Halamana 189-206

Candra, I. W. (2012). Studi Evaluatif Implementasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Negeri 3 Singaraja, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Bali: Tugas Akhir Program Magister, Magister Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas

Doringin, F. (2019). Manajemen Berbasis Sekolah dan Keuntungannya. Diunduh 2 Februari 2020, dari situs World Wide Web: https://pgsd.binus.ac.id/2019/07/15/manajemen-berbasis-sekolah-dan-keuntungannya/

Duhao. (2002). School Base Management. Diterjemahkan oleh Noryamin Aini, Suparto, dan Abas Al-Jauhari. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyati, S. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Model Context, Input, Proces, dan Product (CIPP) di Sekolah Menengah Pertama Rintisan Penerapan Kurikulum 2013 di Kabupaten Wonogiri. Disertasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Madrasah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT. Refika

Rukayah, B. I. (2015). Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan ISSN 2443-0544 Volume: 3, No. 2, 178-191.

Sallis, E. (1992). Total Quality Manajement in Education. Philadelphia: Kogan Page.

Sanders, J.R. & Sullins, C.D. (2006). Evaluating School Programs. (3rd ed). Thousand Oaks: Corwin Press

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A.J.(1985). Systematic evaluation: A self-instructional guide to theory and practice. Norwell, MA: Kluwer.

Syukur, F. (2011). Manajemen Berbasis pada Madrasah. Jakarta: PT. Pustaka Riski.

Uno, H. B. (2010). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. FKIP UNS Surakarta: Surakarta.

Zaresenjary E., N. S. Khorami. (2015). The Pathology of In-service Training Courses of Dezful's Elementary Schools Teachers Based on the CIPP Model. International Journal On New Trends In Education And Literature. 1(7): 31

Zhang G., N. Zeller, R. Griffith, D. Metcalf, J. Williams, C. Shea, & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement 15(4): 61-62




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i2.10992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats