Keputusan Konsumen Memilih Jasa Transportasi Go-Jek

Yuliana Yuliana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi, karena Fenomena  yang terjadi sekarang ini bahwa masyarakat cenderung mengunakan jasa transportasi Go-Jek untuk kepentingan keseharian mulai dari mengantar ke pasar, kampus, dan memesan makanan. Mengunakan aplikasi jasa transportasi Go-Jek yaitu Go-Ride dan Go-Car. Adapun rumusan  masalah dalam penelitian ini adalah mengapa keputusan konsumen memilih jasa transportasi Go-Jek?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan keputusan konsumen memilih jasa transportasi Go-Jek. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, yang bertumpu pada pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek atau sumber data primer adalah 50 orang yang dipilih dengan teknik Snowball Sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data yang awalnya jumlahnya sedikit lama-lama menjadi besar. Analisis penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah tahapan lapangan selesai, maka kesimpulan yang diperoleh kemudian dianalisis dalam konteks ekonomi syariah terhadap keputusan konsumen memilih jasa transportasi Go-Jek.


Full Text:

PDF

References


Faizal Noor Henry, Ekonomi Manajerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

_______________, Ekonomi Media. Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Gunawan Herry, Pengantar Transportasi dan Logistik. Jakarta: Raja Wali Pers, 2015

Ika Yunia Fauzia dan Abdul Kadir Riyadi, Prinsip Ekonomi Islam Perspektif Maqasid Al-Syariah. Jakarta: Kencana, 2014

J.Setiadi Nugroho, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana, 2003

Jusmaliani, Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Niti Susastro Mulyad, Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2012

Oni Sahroni dan Adiwarman A.Karim, Maqasdid Bisnis & Keunangan Islam Sistesis Fikih dan Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo, 2016

Pengaruh Kualitas Pelayanan Transfirtasi Oline Gojek terhadap Kepuasan pada Pelanggan Mahasiswa Adminitrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta, Jurnal Epigram, Vol 13 No. 2 Oktober 2016.

Rozalinda, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014

Salim Abbas, Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Wali Pers, 2008

Salim Abbas, Manajemen Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Sudarsono Heri, Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengatar. Yogyakarta: Ekonisia, 2004

Sumarwan Ujang, Perilaku Konsumen Teori dan Terapannya dalam Pemasaran. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ibf.v1i1.9431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IBF/index


 

Creative Commons LicenseIBF by https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IBF/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats