Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Bepikir Kritis
Abstract
Pendidikan berkualitas berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang kritis dan inovatif. Salah satu kompetensi penting yang perlu dikembangkan adalah kemampuan berpikir kritis, terutama dalam mata pelajaran Ekonomi yang menuntut analisis terhadap fenomena nyata. Namun, di SMA Negeri 1 Palembang, kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah akibat dominasi metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest, hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis, dengan nilai thitung 77,004 > ttabel 1,994 dan peningkatan skor dari 74,86% menjadi 93,55%. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL berbantuan LKPD efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Ekonomi.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adiawaty, S. (2020). Pandemi Covid-19 dan Kinerja Dosen (Study Kasus Kinerja Dosen Pada PT XYZ). Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 188.
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model problem-based learning sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi. Journal on teacher education, 3(3), 65-81.
Amrain, I., Panigoro, M., Ardiansyah, A., Bumulo, F., & Bahsoan, A. (2024). PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Damhil Education Journal, 4(1), 77-90.
Apsari, M. R., Supardi, Z. A. I., Puspitawati, R. P., & Budiyanto, M. (2023). Improving Problem-Solving Skills With Problem-Based Learning Models in Optical Wave Courses. International Journal of Current Educational Research, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.53621/ijocer.v2i1.206
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 31. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 31. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan antara model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika siswa. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 14-20.
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan antara model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika siswa. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 14-20.
Astuti, A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) untuk kelas VII SMP/MTs mata pelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024.
Astuti, E. D. (2021, October). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Mata Kuliah Teknik Pengambilan Keputusan. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (Vol. 1, pp. 40-44).
Astuti, T. P. (2020). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 65. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan lkpd terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015.
Cahyani, V. P., & Ahmad, F. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar dan Motivasi Siswa. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(2), 76-82.
Chen, T., Zhao, Y. J., Huang, F. Q., Liu, Q., Li, Y., Alolga, R. N., ... & Ma, G. (2021). The effect of problem-based learning on improving problem-solving, self-directed learning, and critical thinking ability for the pharmacy students: A randomized controlled trial and meta-analysis. PloS one, 19(12), e0314017.
Facione, P. A. (2020). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.
Fa'iziyah, N. (2023). Penggunaan Learning Management System (LMS) Moodle dalam Pembelajaran PAI di SMA Labschool Cirendeu (Bachelor's thesis).
Fatmawanti, I., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model problem based learning berbantuan lkpd materi segiempat segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 1-11.
Fauziah, R. (2020). Perbedaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 2 Pesawahan Teluk Betung Selatan.
Hasanah, Z., Pada, A. U. T., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi model problem based learning dipadu LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65-75.
HAYATI, U. H. (2020). Pengaruh Metode Focus Group Discussion Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Herlyana, R., Yogica, R., Lufri, L., & Arsih, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Latihan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA/MA:(Development Of Student Worksheets Based On Scientific Approach Accompanied By Critical Thinking Exercises On Virus Material For Class X Senior High School). BIODIK, 8(3), 43-51.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 6.
Huang, Y.-M., & Liao, Y.-W. (2020). A study of the effects of problem-based learning on the critical thinking and collaboration skills of students in a technology-supported environment. Educational Technology & Society, 23(2), 1–14.
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.
Lestari, R. M., Abimanyu, A. H., Prasetyo, D., & Estuningsih, K. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3842-3856.
Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45, 101069.
Mariamah, S., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2021). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. PROFESI KEPENDIDIKAN, 2(1), 125.
Min, M. (2020). 15 Pengertian Masalah Menurut Para Ahli Dan jenis- Jenis Masalah. https://www.pelajaran.co.id/pengertian-masalah-menurut-para-ahli-dan-jenis-jenis-masalah-terlengkap/
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Aifiyyatul Fajriyah, S., Dzakiyatus Sholekhah, S., Valenta Kafita Ardian, V., Asanu Lestari, S., & Handrian Firdaus, D. (2023). Numbers : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam A Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License. Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 45.
Nabilah, A., & Syamsurizal, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Biologi, 10(1), 42-48.
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delferi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain dengan media Hulahoop Pada Anak Kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 7.
Nursafitri, S., Huda, M. F., & Solina, A. (2021). Problematika dalam Penerapan Media Pembelajaran yang Berlaku di MI/SD. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI, 797.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.
Prasetyo, L. W. N. P. (2024). Pengembangan lkpd berbasis pbl pada topik sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas viii/Laras Widoretno Nugrahaning Prasetyo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Putri, I. C., Sari, A. D. U., Sugiyanti, R., Khoiri, M., & Anam, S. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8(12).
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 249. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Ramli, A. (2023). PENGANTAR ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN (Teori dan Praktek Mengelola Lembaga Pendidikan Era Industri 4.0 & Society 5.0).
Riduwan. (2020). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta, 121-124.
Riduwan. (2020). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta, 125-139.
Safa, A., Adib-Hajbaghery, Mohsen, Moradi, & Tayebeh. (2021). The Effects of the 1-Min Preceptor and Problem-Based Clinical Educations on Nursing Students’ Critical Thinking. Nursing and Midwifery Studies, 10(4). https://journals.lww.com/nams/fulltext/2021/10040/the_effects_of_the_1_min_preceptor_and.5.aspx
Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan polya. Tarbiyah wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 37-48.
Sani, R. N., & Ambarwati, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 323-338.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.
Septyawan, A. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS VISUAL KONTEKSTUAL PADA MATERI MENULIS KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH REJOMULYO KARTOHARJO KOTA MADIUN (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Madiun).
Simin, F., & Jafar, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 8(3), 210.
Srisawasdi, N., & Panijpan, B. (2023). Enhancing critical thinking through problem-based learning in science education: A case study approach. Journal of Science Education and Technology, 32(1), 45–60. https://doi.org/10.1007/s10956-023-09999-x
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta. Yusnelli,S., Maria,M., 2021. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar
Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.
Susanti, T., Murniasari, F., & Oryza, D. (2023). Model Pembelajaran Experiential Learning" Kemampuan Berpikir Kritis" Peserta Didik:(Experiential Learning Model of Students' †œCritical Thinking Abilityâ€). BIODIK, 9(1), 157-166.
Suyanti, I. (2023). Model problem based learning untuk peningkatan hasil belajar jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V SDN Junrejo 01 kota Batu tahun 2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 705. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Syamsudin, S. (2020a). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 95. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610
Syamsudin, S. (2020b). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 83. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610
Tangahu, N., Panigoro, M., Ardiansyah, A., Moonti, U., Hafid, R., & Sudirman, S. (2023). Penerapan Teknik Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration, And Creativity (4C) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 34-43.
Trianto, M. P. (2024). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Triyani, L., Fakhrudin, A., & Lubis, P. H. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 849-862.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61-67.
Wijayanti, R. N., & Rozie, F. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Sumenep Kelas IV Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 19(2), 152-163.
Winarsih, K. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VI SD negeri 1
Windari, C. O., & Yanti, F. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 61-70.
Yuan, H., Kunaviktikul, W., Klunklin, A., & Williams, B. A. (2008). Promoting critical thinking skills through problem-based learning. CMU. Journal of Soc. Sci. and Human, 2(2), 85-99.
Yuliasari, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171-178.
YUSRIANI, Y., Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v8i1.37367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Diindeksasi Oleh :
Alamat Redaksi :
Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.
Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK
View My Stats