Penerapan Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI SMKS Al Ikhlas Pangkalan Susu

Dwi Rayana Siregar, Fadilla Ulfah, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMKS Al Ikhlas Pangkalan Susu pada mata pelajaran Akuntansi, khususnya materi jurnal umum, melalui penerapan video pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar secara signifikan dari pra-siklus hingga siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari 33,3% pada pra-siklus, menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 90% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 63,7 menjadi 78,3. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif dapat membantu siswa memahami konsep jurnal umum dengan lebih baik sehingga meningkatkan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Akuntansi.

  TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to English
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


video pembelajaran interaktif, hasil belajar, akuntansi, jurnal umum, PTK, Kurikulum Merdeka, KKTP

Full Text:

PDF

References


Apriansyah Putra, A. (2023). Pemanfaatan Media Ajar Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di Kelas X Smk S 10 Kota Bengkulu. Universitas Dehasen Bengkulu.

Astuti, Y., Aripin, A., Abdurrahmat, A. S., Badriah, L., & Hernawati, D. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Steam Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan Ipa, 5(1), 106–112.

Fathoni, A., Prasodjo, B., Jhon, W., & Zulqadri, D. M. (2023). Media Dan Pendekatan Pembelajaran Di Era Digital: Hakikat, Model Pengembangan & Inovasi Media Pembelajaran Digital.

Lestari, A. M., Gimin, G., & Mujiono, M. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Siklus Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smkn 4 Pekanbaru. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11680–11685.

Muti, I., Hasyim, D. M., Ummah, S. S., Anwar, S., & Hilman, C. (2024). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Iteraktif Era Metaverse. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 5463–5474.

Nadzia, E. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Kelas X Smk. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rafifah, N. A., & Putri, S. F. (2024). Membangun Pemahaman Konsep Akuntansi Perusahaan Dagang Melalui Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr). Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, And Economics (Nsafe), 4(2).

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research And Development Journal Of Education, 5(1), 95–113.

Ul-Ula, A. (2023). Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siklus Akuntansi Kelas X Akl Smk Swasta Budi Agung Medan Ta 2022/2023. Education Journal Of Indonesia, 4(2).

Yanti, A. F., Setyaningsih, S., & Satyarini, M. D. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Myob Pada Mata Pelajaran Akutansi Kelas Xi Smkn 2 Blora. Manalisih: Jurnal Penelitian, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 39–53.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v8i1.36934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats