Pengaruh Blended Learning dan Penggunaan Platform Canva terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI (Fase F) di SMAS Islam Terpadu Hasanka

Zulfikar Adilla Sukarno, Sri Rohaetin, Rinto Alexandro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning dan penggunaan platform Canva terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAS Islam Terpadu Hasanka. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Islam Terpadu Hasanka pada kelas XI-A dengan jumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling . Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer berupa nilai pretest dan posttest dengan menggunakan intrumen tes, serta jawaban/respon peserta didik diambil menggunakan angket serta data sekunder berupa rapor pendidikan tahun 2023 dan 2024 dan hasil belajar Sumatif Akhir Semester Ganjil tahun 2024/2025 . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan blended learning terhadap hasil belajar. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan positif penggunaan platform Canva terhadap hasil belajar. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan blended learning dan penggunaan platform Canva terhadap hasil belajar. 

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to English
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


blended learning, platform canva, hasil belajar ekonomi, pembelajaran abad 21, teknologi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita., Ardiawan., K.N., Sari, M.E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ahmad, V. I., Ikmal, H., Mumtahana, L., & Fatmala, E. (2021). Blended learning Solusi Pembelajaran di Era Pandami. Nawa Litera Publishing.

Aini, F. N., Emanuel, E. P. L., & Chamidah, A. (2021). Efektivitas penerapan model blended learning berbasis google classroom ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri kelas XI IPA-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(2), 303-308.

Amalia, S., Hakim, L., & Ikhlas, I. (2023). Penggunaan blended learning system dengan model flip classroom dalam pembelajaran bahasa Arab (studi kasus Di MTsS. Sepatan). Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 2(1), 108-129.

https://raporpendidikan.dikdasmen.go.id/download-report. Diakses pada 26 November 2023

Khasanah, I., Musa, M. M., & Rini, J. (2023, July). Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 22-34).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (Online). (https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf) Diakses pada 26 November 2023

Puspitarini, D. (2022). Blended learning sebagai model pembelajaran abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1-6.

Rahmi, Ulfia., Azrul. (2022). Desain dan Implementasi Blended Learning Integrasi Teknologi dan Paedagogi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Sugiyono. (2023). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Sukma, R. R., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2022). Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 142-156.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

Yulianti, A., Fazriyah, N., & Saraswati, A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 104-111.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v8i1.36437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats