Transformasi Digital dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis
Abstract
Tinjauan sistematis ini mengeksplorasi pengaruh transformasi digital terhadap kinerja UMKM di Indonesia dengan fokus pada adopsi e-commerce, strategi pemasaran digital, dan orientasi kewirausahaan. Berdasarkan pedoman PRISMA, penelitian ini meninjau studi-studi yang diterbitkan antara 2019 hingga 2024. Temuan menunjukkan bahwa transformasi digital meningkatkan efisiensi operasional, memperluas akses pasar, dan mendukung keberlanjutan bisnis. E-commerce mempermudah ekspansi pasar, terutama di perkotaan, sementara di pedesaan dapat mengurangi ketimpangan ekonomi. Pemasaran digital membantu meningkatkan visibilitas dan loyalitas pelanggan, dengan pendekatan syariah yang mendukung praktik etis. Tantangan seperti keterbatasan literasi digital dan infrastruktur yang buruk masih menghambat adopsi digital. Orientasi kewirausahaan berperan sebagai mediator untuk adaptasi terhadap perubahan. Penelitian ini menyoroti perlunya intervensi berupa program literasi digital, pengembangan infrastruktur, dan kebijakan strategis untuk mendukung digitalisasi UMKM, serta pentingnya eksplorasi lebih lanjut mengenai strategi sektor-spesifik dan dampak jangka panjang adopsi digital.
This page is in Indonesian Translate to English- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.idTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D. M., Ariani, Z., Yanti, N., & Dewi, S. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Adopsi E-Commerce terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Pengembangan Kewirausahaan, 4, 48–58.
Arif, A., & Digdowiseiso, K. (2024). Dampak Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Kemampuan Inovasi Organisasi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM melalui Keunggulan Kompetitif. COSTING: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 7(5).
Azalia, K. M. (2024). Investigasi Pengaruh Hari dalam Minggu dan Bulan dalam Tahun terhadap Emisi Karbon. Jurnal Keuangan Lingkungan, 05(1), 1–11.
Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Ekonomi di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534
Frans Sudirjo, Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, & Muhammad Lukman Hakim. (2023). Peran Kemampuan Pemasaran dan Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134
Hidayat, M. (2024). Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Meniadakan Pemanfaatan Media Digital dan Kompetensi Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis. Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 403–419.
Kewirausahaan, O., Sosial, M., Produk, D. I., & Kecamatan, U. (2024). Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Desa Plajan melalui Strategi Digital. Jurnal Keunggulan Bisnis, 13(3).
Khasbulloh, M. W., Suzano, R., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (2023). Pemetaan Konsep dalam Penelitian Kepemimpinan Kewirausahaan: Analisis Bibliometrik dan Ko-eksistensi. Sanskara Manajemen dan Bisnis, 1(03), 217–228. https://doi.org/10.58812/smb.v1i03.219
Loso Judijanto, Irsal Fauzi, Eliagus Telaumbanua, Syamsulbahri, & Arteurt Yoseph Merung. (2024). Dampak Budaya Organisasi, Kepemimpinan Inovatif, dan Teknologi Digital terhadap Kesuksesan Startup di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Sains Barat, 2(1), 24–34.
Makmur, M., Mohamad, N., & ... (2024). Eksplorasi Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Indonesia: Studi Kualitatif. Jurnal Riset Manajemen, 05(1), 12–24. https://doi.org/10.436/journal/2024.6.05.1-45
Safari, A., & Riyanti, A. (2024). Peran Pemasaran Digital dalam UMKM yang Berlandaskan Prinsip-Prinsip Syariah. Jurnal Riset Pemasaran Islam, 3(9), 249–273.
Shahmohammadi, B. (2022). Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Organisasi dalam Usaha Kecil dan Menengah: Tinjauan Sistematis. Jurnal Riset Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 134–141. https://doi.org/10.34001/jmer.2021.12.02.2-23
Sulistyawati, E. (2023). Sumber Daya Manusia dalam Usaha Kecil dan Menengah dan Perilaku Inovatif: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital (Ekobil), 2(1), 44–48. https://doi.org/10.58765/ekobil.v2i1.111
Syahdiyah Sugiartia, W. (2023). Menggunakan Analisis SOAR (Kekuatan, Peluang, Aspirasi, dan Hasil) untuk Meningkatkan Penjualan melalui Pemasaran Digital. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1431
Utomo, H., Khabibah, U., & Rochman, F. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran Kedai Kopi Modern di Malang. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora, 9(1), 10–16. https://doi.org/10.33795/jabh.v9i1.3634
Uum Helmina Chaerunisak, Sri Ayem, Septiana Wahyu Prasetyaningtyas, Riska Widya Afrianingrum, & Naresha Hanun. (2024). Digitalisasi Bisnis dan Inklusi Keuangan untuk Meningkatkan Kinerja UMKM melalui E-Commerce di Era Digital. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), 843–858. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2591
Zuhroh, N. F., & Pradhani, F. A. (2024). Peran Sistem Informasi dalam Implementasi Pemasaran Digital: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis), 3(2), 174–187. https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i2.6690
Zulkifli, Sugiarto, I., Napu, F., Rukmana, A. Y., & Hastuti, P. (2023). Keberhasilan Kewirausahaan di Era Digital dari Perspektif Orientasi Kewirausahaan: Tinjauan Literatur. Sanskara Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(02), 81–96. https://doi.org/10.58812/sek.v1i02.87
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v7i2.33958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Diindeksasi Oleh :
Alamat Redaksi :
Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.
Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK
View My Stats