Pengaruh Penerapan Absensi Finger Print dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Karyawan Smart Fast Global Education Pekanbaru

Wandi Nur Ikhsan, Ricky Martian

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada Smart Fast Global Education Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan absensi finger print dan motivasi kerja terhadap disiplin karyawan. Sample dalam penelitian ini adalah karyawan Smart Fast Global Education Pekanbaru yang berjumlah 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel total atau teknik sensus. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Absensi Finger Print,Motivasi Kerja dan  Disiplin Karyawan.Hasil Absensi Finger Print dengan nilai t-hitung sebesar -777 dan nilai t-tabel sebesar 2,40 t-hitung < t-tabel atau -777 < 2,040 dan tingkat signifikan sebesar 0,444 > 0,05 yang artinya variabel Absensi Finger Print  secara parsial tidak berpengaruh terhadap disiplin karyawan. Motivasi Kerja dengan nilai t-hitung sebesar 1,935 dan nilai t-tabel sebesar 2,040  sehingga t-hitung  < t-tabel atau 1,935 < 2,040 dan tingkat signifikan sebesar  0,63 > 0,05 yang artinya variablel Motivasi Kerja secara parsial berpengaruh terhadap Disiplin Karyawan. Nilai F_hitung sebesar 2,061 dan F_tabel sebesar 3,34. Maka dapat kita simpulkan bahwa Absensi Finger Print (X1) dan Motivasi Kerja (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel Disiplin Karyawan (Y). Nilai Adjusted R square adalah sebesar 0,066. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel Independen ( Absensi Finger Print dan Motivasi Kerja ) terhadap variabel dependen (Disiplin Karyawan) sebesar 6,6 %.Atau variasi variabel independen (Absensi Finger Print dan Motivasi Kerja ) yang digunakan dalam model regresi mampu menjelaskan sebesar 6,6 % variasi variabel dependen (Disiplin Karyawan).Sedangkan sisanya sebesar 93,4 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.


Keywords


Absensi Finger Print ,Motivasi Kerja dan Disiplin Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara, 2010, Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia, Prenadamedia Group, Jakarta.

Bayu Fadillah 2013, Motivasi Kajian Teoritis dan Praktis (Volume 1 dari kepemimpinan Edisi 1). Jakarta, Penerbit Erlangga

Hasibuan (2009), Pengaruh Efektivitas Finger Print dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Karyawan pada PT KAHO Indahcitra Garmen Jakarta, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Selatan.

Hasibuan, S.P Melayu, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan XVI, PT. Bumi Askara, Jakarta.

Hasibuan, S.P Melayu, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT. Bumi Askara, Jakarta.

Hasibuan, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku Ke Dua, Selemba Empat, Jakarta.

Juman Gamo, 2017. Pengaruh Efektivitas finger print dan Motivasi kerja Terhadap Disiplin Karyawaan pada PT Freeport Indonesia. Universitas Brawijaya, Jawa Timur.

Melayu S.P Hasibuan, 2014, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.

Motida,Damayanti,Prastyo 2018. Pengaruh Efektivitas Finger Print dan motivasi kerja Terhadap Disiplin Karyawan pada Departemen Pengadaan PT Inalum. Universitas Pembangunan Pancabudi, Medan.

Nami Wijaya, 2020. Pengaruh Efektivitas finger print Dan Motivasi kerja Terhadap Disiplin Karyawan pada PT Freeport Indonesia. Universitas Brawijaya, Jawa Timur.

Rivai,Rizki & Suprajang,2017. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan XVIII, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan XVIII, Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats