Pengaru Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Taman Sari 3 Pekanbaru
Mhf.d Suleman HSB, Rahel Sari Titania
Abstract
Penelitian ini di lakukan pada Klinik Taman Sari 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan. Analisis dalam penelitian ini mebbunakan variabel independen Kualitas pelayanan dan variabel dependen kepuasan pasien. Sampel penelitian ini adalah Pasien rawat jalan di Klinik Taman Sari 3. Sampel dilakukan dengan metode Accidential Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Jumlah populasi di Klinik Taman Sari 3 berjumlah 3.653 dan sampel yang di dapat sebanyak 97 orang. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji koefisien determinasi dan uji t . Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,387. Hal ini meunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independen (kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (kepuasaan pasien) sebesar 38,7%. Atau variasi variabel independen (kualitas pelayanan) yang digunakan dalam model regresi mampu menjelaskan sebesar 38,7% variasi variabel dependen (kepuasan pasien). Sedangkan sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil Kualitas pelayanan nilai – t hitung sebesar 7,850 dan nilai t-tabel sebesar sebesar 1,985 sehingga t-hitung > t-tabel atau 7,850 > 1,985 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.