Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Leverage dan Profitabilitas terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI)

Marice BR. Hutahuruk

Abstract


Laporan keuangan merupakan suatu bentuk informasi yang harus di keluarkan secara resmi sebagai sarana pertanggungjawaban pengelolaan sumber daya pemilik,dan memungkinkan pihak eksternal untuk memperoleh informasi manajemen perusahaan yang relevan. penelitian ini dengan judul “Pengaruh ukuran perusahaan,likuiditas,leverage,dan Profitabilitas terhadap kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman yang terdaftar di BEI)” Sumber data yang diperoleh yaitu data sekunder dalam penelitian ini adalah laporan keungan tahunan (annual report) perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim dan Mahmud M. Hanafi. 2009. Analisi Laporan Keuangan. Edisi 4. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Achmad, m. r. (2016). Pengaruh Leverage, Ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap tingkat pengungkapan wajib laporan keuangan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya Malang, 19. Akuntansi Indonesia. Vol.7 No.3. Hal: 351-366

Amelia, R. (2020). Faktor faktor yang mempengaruhi kelengkapan pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI periode 2015-2019.

Anis Chariridan Imam Ghozali. (2003). Teori Akuntansi. Semarang: BP UNDIP.

Anisa, Wilujeng Dwi. Pengaruh likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan laporan tahunan.Diss. Universitas Negeri Semarang, 2011.

Ariyanti Tutik. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Pada Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2013). Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Belkaoui, A.R. 2000. Teori Akuntansi. Edisi Pertama.Jakarta: Salemba Empat dan Bisnis. Vol VIII. No. 1. pp 75-

Daniel, Niko Ulfandri. "Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas terhadap luas pengungkapan laporan keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia)." Jurnal Akuntansi 1.1 (2013).

Dedi Sutama, E. L. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Sains Manajemen & Akuntansi , 1-19.

Devi, Ida Ayu Sintia, and Ketut Alit Suardana. "Pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, leverage dan status perusahaan pada kelengkapan pengungkapan laporan keuangan." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.3 (2014): 447-492.

Dibiyantoro. 2011. ”Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Mandatory Disclosure Financial Statement pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi Vol. 1 No-2. Fundamental Perusahaan Terhadap

Ginting, Monalisa Br dan Arifin Akhmad.2010. Pengaruh Karakteristik Perusahan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Ekonomi, Vol. 13 No. 1 , Januari 2010:18-26.

Larasati Hanny. 2018. Pengungkapan Laporan Keuangan : Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas (Survei Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). e-Proceeding of Management : Vol.5, No.1 Maret 2018 Page 852.

Sembiring, H. (2012). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap kelengkapan pengungkapan laporan tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa efek Indonesia. Vol.4.No.1 Juni 2012, 4, 68-77.

Simanjuntak, Binsar H. dan Widiastuti, Lusy. 2004. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v3i2.25430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats