Analisis Penerapan Akuntansi pada Toko Frozrn Food Sofwa di Pekanbaru

Marice BR. Hutahuruk

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian penerapan akuntansi oleh toko frozen food sofwa jl. Purwodadi di Pekanbaru. Apakah telah sesuai dengan konsep dasar akuntansi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer merupakan  data yang diperoleh langsung dari pemilik toko melalui wawancara kuesioner sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari pihak lain dan tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subjek penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara secara terstruktur, dokumentasi misalnya cacatan harian dan observasi. Serta analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan yan g sudah, dapat ditarik  keseimpulan bahwa penerapan akuntansi pada usaha toko makanan Frozen food sofwa jl. Purwodadi di Pekanbaru belum sesuai dengan konsep dasar akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Zakaria, W. A., & Irasanti, D. (2019). Analisis Harga Pokok Produksi Dan Keuntungan Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging: Studi Kasus Pada Pt Cas Di Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 7(4), 583-590.

Agus Purwaji, Wibowo, H.Murtanto,2016, Pengantar Akuntans 1 Edisi Dua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta Selatan.

Andini Fitria Hadi, A. F. H., Hanung, I., & Helvi Yanfika, H. Y. (2015). Analisis Harga Pokok Produksi, Laba Usaha, Dan Permintaan Ayam Ras Pedaging Probiotik Di Kota Metro. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 3(3), 235-242.

Apni Tristia Umiarti. (2020). Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler. Jalan Tunggul Ametung IIIA/11B Denpasar,.

Hansen Dan Mowen. 2017. Akuntansi Manajerial. Buku 1, Edisi 5. Salemba Empat: Jakarta.

Hetharia, E. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Ditaki Fried Chiken) (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Manado).

Kurniawati, N., Ismono, H., & Sayekti, W. D. (2014). Manajemen Produksi Dan Penentuan Harga Pokok Produksi (Hpp) Pada Berbagai Tipe Peternak Ayam Broiler. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal Of Agribusiness Science, 2(3), 232-238.

Mulyadi, 2015. Akuntansi Biaya Edisi 5, Yogyakarta: Upp-Stim Ykpn.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2018. Akuntansi Biaya, Edisi Kelima. Upp Stim Ykpn: Yogyakarta.

Pidada, I. A. T. P., Atmadja, A. T., & Herawati, N. T. (2020). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Acuan Dalam Menentukan Harga Jual Kain Sekordi/Sukawerdi (Studi Pada Usaha Tenun Sekordi Di Geria Batan Cempaka, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem). Jimat (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(1).

Pomantow, L. P., Tinangon, J. J., & Runtu, T. T. (2021). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Rm. Ayam Goreng Krispy Dahar. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 843-852.

Prihandini, T. Y. Analisis Dan Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Peternakan Ayam Pedaging Skala Rumah Tangga Sebagai Pedoman Penentuan Laba Perusahaan.

Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal Of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248-253.

Rasyaf, M. 2011. Beternak Ayam Kampung. Penebar Swadaya. Jakarta.

Riwayadi. 2017. Akuntansi Biaya: Pendekatan Tradisional Dan Kontemporer. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Rudianto, 2012, Pengantar Akuntansi Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan, Penerbit : Erlangga, Jakarta

Said, D., Mardiana, R., Rahmatia., Amar, M.Y., Habbe, A.H. Damayanti, R.A., Pontoh, G., Djaya, Y., Thayf, H.S., dan Fattah, S. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi, Edisi Pertama. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Solehah, H. (2016). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Ayam Potong (Broiler) Dengan Metode Full Costing Pada Peternakan Abshar Selaku Mitra Usaha Cv. Mutiara Sinar Abadi Samarinda. Ejournal. Adbisnis. Fisip-Unmul. Ac. Id, 4(1), 1-14.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suprijatna et al. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya. Jakarta.

Supriyono. (2013). Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya Dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta: Bpfe.

Surjadi, Lukman. 2013. Akuntansi Biaya. Indeks: Jakarta.

Togas, R. F., Gamaliel, H., & Mintalangi, S. S. (2021). Analisis Penerapan Metode Full Costing Sebagai Alat Untuk Menghitung Harga Pokok Produksi Pada Trendy Fried Chicken. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3).

Tomahayu, T., & Tinangon, J. J. (2014). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Terhadap Laba Kotor Pada Usaha Peternakan Ayam Cv. Kharis Di Kota Bitung. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Yemima. 2014. Analisa Usaha Peternakan Ayam Broiler Pada Peternakan Rakyat di Desa Karya Bakti, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah.

Yupi. 2011. Analisis Usaha Tani Ayam Ras Petelur (Studi Kasus Peternakan Ayam Ras Petelur Jaya Abadi Farm Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat). (Online). Jakarta: Prodi Sosial Ekonomi Pertanian Agribisnis Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v3i2.25429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats