Analisis Sistem Akuntansi dalam Pengendalian Persediaan Barang Dagang pada CV. Tekno Komputer

Rahmi Lara

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis system informasi akuntansi persediaan barang dagang yang telah berjalan dan menganalisis system informasi akuntansi persedian barang dagang yang tepat pada Cv Tekno Komputer yaitu dimana penulis mengumpulkan data-data yang berasal dari perusahaan yaitu persediaan barang di gudang , Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti  adalah teknik dokumentasi,dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan Cv Tekno Komputer dalam melakukan perhitungan persediaan barang yang ada di gudang  sering terjadi selisih setiap kali dilakukan stok opname, hal ini disebabkan karena karyawanyang melakukan pekerjaan dibagian persediaan tidak mengikuti prosedur yang telah ada, dengan menjadikan accurate sebagai acuansystem pengendalian persediaan barang dalam segala hal pekerjaan yang ada di perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Arfan Ikhsan. 2012. Pengantar praktis akuntansi edisi pertama,graha ilmu Yogyakarta.

Baridwan, Zaki (2008) system akuntansi penyusunan prosedur dan metode. Yogyakarta : BPFE. D, Dwi Prastowo.

Brenda Meydita lineke kawatu (2020). Analisis Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang pada PT.Daya Anugrah Mandiri Cabang Manado, Jurnal Riset Ekonomi, Jurusan Akuntansi,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Universitas Sam Ratulangi Jl . Kampus Bahu, Manado 95115, Indonesia.

Dessy julyanti, Analisis Informasi Akuntansi Persedian Barang Dagang pada Mega Phone Store, Jurnal Riset Ekonomi, Jurusan Akuntansi STIE Multi Data Palembang.

Fauziah (2021), Analisis Sistem Dan Prosedur Persediaan Barang Dagang Pada AndesMart Muara Tembesi, Jurusan Akuntansi, STIE-GK Muara Bulian-Jambi.

Gustina 2014 .System informasi akuntansi atas pengadaan dan penyaluran persediaan obat serta perlengkapan medis pada rumah sakit islam aisyiyah. Jurnal akuntansi

Natasya Manengkey, 2014. Analisis Sistem Pengendalian Intern Persedian Barang Dagang Dan Penerapan Akuntansi pada PT. Cahaya Mitra Alkes .Jurnal EMBA. Volume 2 No.3. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Nova Sumual, L. Kalangi. Evaluasi Pengendalian Intern Untuk Siklus Persediaan Barang Dagang Pada SPBU kolongan. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3 September 2014, Hal 022-029.

Nugraha muldiyana (2018) “definisi system sebagai satu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih.

Prasetyo, 2018 “Persediaan Aktiva Yang Meliputi Barang Milik Perusahaan Untuk DiJual Dalam Satu Periode Yang Normal”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri , Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Sugiyono 2009, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung.

Warren, c Reeve,2017 . Accounting,26e, United state of America: Cengage Learning

Widya Tamodia, 2013 .Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagang Pada PT.Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal EMBA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v3i2.25428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats