Analisis Penerapan PSAK 01 tentang Penyajian Laporan Keuangan di Agen Sherlina Oriflame Marpoyan Pekanbaru

Anne Monica Fresty

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penyajian laporan keuangan di agen ini dan memastikan kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum, terutama PSAK 01. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara dan analisis dokumen, khususnya laporan keuangan agen Sherlina Oriflame Marpoyan. Hasil analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif dengan membandingkan data yang ditemukan dengan teori-teori yang relevan. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang ada dalam konteks laporan keuangan agen tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa laporan keuangan agen Sherlina Oriflame Marpoyan Pekanbaru belum mematuhi PSAK No. 01, terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman manajemen mengenai standar akuntansi yang berlaku. Ini menunjukkan perlu adanya perbaikan dalam penyusunan laporan keuangan guna memenuhi kebutuhan pelaporan yang lebih akurat sesuai dengan PSAK No. 01.

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, K. (2020). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN. 6 Nomor 2 Juli 2020, 2-9.Situs Jurnal : http://ejournal.stiepancasetia.ac.id/index.php/jieb

Pongoh, M. (2013). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Fitri Yulianis, I. P. (2021). Analisis Penerapan Psak No.1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan. No. 3 – Oktober 2021, VII , 1-11.

Hasan, I. (2010). analisis data dan penelitian dengan statistik ( cet. 5 ed.). jakarta: bumi askara.

Indonesia, I. A. (2009).Pernyataan standar akuntansi keuangan.Jakarta: Salemba Empat.

Juwita, N. (2019). Analisis Penerapan PSAK 1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada PT. Global Sawit Semesta, Kec. Danau Paris, Kab. Aceh Singkil) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Yulianis, F., Sari, I. P., & Yulianti, W. (2021). Analisis Penerapan PSAK No. 1 tentang Penyajian Laporan Keuangan di Amal Usaha ‘Aisyiyah Pariaman (Studi Kasus pada Rumah Sakit ‘Aisyiyah Pariaman). Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(3).

Anisah, N., & Pujiati, L. (2018).Kesiapan usaha mikro kecil dan menengah dalam penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah untuk menunjang kinerja.JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(2).

Anisah, N., & Pujiati, L. (2018).Kesiapan usaha mikro kecil dan menengah dalam penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah untuk menunjang kinerja.JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(2).

Pujiati, L. (2018). [P] Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah Untuk Menunjang Kinerja.JAD Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 1(2), 45-56.

Wahyuni, R. (2020). Analisis Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK No.101 Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Tbk (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Muslimin, M. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Pt. Bank Syariah Mandiri Periode Tahun 2015–2017 (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v2i2.25426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats