Pengaruh Kemandirian Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar : Systematic Literature Review

Indah Silviawati, Riza Yonisa Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai pengaruh kemandirian belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Systematic Literature Review (SLR) dipilih menjadi metode dalam penelitian ini. Sampel penelitian merupakan artikel yang terindeks Sinta, dan Scopus dengan periode 2014-2023. Sebanyak 31 artikel diperoleh melalui pencarian pada Google Scholar, Sinta, dan Scopus. Dengan metode SLR, penelitian mendapat temuan bahwa artikel penelitian tertinggi diterbitkan pada tahun 2022. Sebagian besar penelitian dilakukan pada jenjang kelas XI dan X, hanya sebagian kecil yang meneliti di kelas XII. Lokasi penelitian didominasi oleh sekolah menengah atas yang berada di Pulau Jawa dengan persentase 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Kemandirian Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2018). Pengaruh Percaya Diri, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi , Manajemen, Dan Keuangan (JPEKA), 2(1), 19–28. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p19-28

Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75

Annauval, A. R., & Ghofur, M. A. (2021). Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2114–2122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.761

Arfilindo, H., & Wahyuni, S. (2014). Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Dalam Mengerjakan Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Semen Padang. Economica : Journal of Economic and Economic Education, 3(1). https://doi.org/10.22202/economica.2014.v3.i1.240

Budianti, Y., Rikmasari, R., & Otaviani, D. A. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), 127–136. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120545

Cahyasari, I., & Dewi, R. M. (2016). Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5–20. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20

Denada, R. N., & Fitrayati, D. (2022). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pembelajaran Hybrid Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2). https://doi.org/10.31932/jpe.v7i2.1760

Faizah, I. N., & Subroto, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Education and Development, 9(2), 101–106. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2473

Febriyani, A., & Wahyudi, A. (2016). Kepribadian Siswa dan Disiplin Belajar sebagai Intervening Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 874–889. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13589

Ham, B. W. ten. (2016). Systematic review as a research method in postgraduate nursing education. Health SA Gesondheid, 21(1), 120–128. https://doi.org/10.1016/j.hsag.2015.08.002

Hasbullah. (2017). Dasar - dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Hayutika, T. L., & Subowo. (2016). Pengaruh Cara Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 679–679. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13671

Hidayat, K. (2014). Motivasi Belajar sebagai Mediasi Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI AP SMK N 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4508

Karimah, N. A., & Sunanik, S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ekonomi Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 43–52. https://doi.org/10.21831/jep.v15i2.20949

Machmud, A., & Ramadhan, I. A. (2022). High School Learning Outcomes: The Effect of Self-Regulation, Resilience, and Family Environment. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 764–778. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.43562

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630

Nisa, I. K., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 655–655. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13668

Nisa, Z., & Fitrayati, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2), 91–100. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6840

Permatasari, D., Maziyah, K. N., & Fadila, R. N. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Mathematical Resilience Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 249–258. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.479

Prasetyo, H., Suparno, & Nikesari, S. I. (2023). The Influence Of Learning Media Usability And Learning Motivation On Student Learning Outcomes In Economics. International Journal of Current Economics & Business Ventures, 1(1), 61–74. https://ijel.amikveteran.ac.id/index.php/ijel/index

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.621

Pridayanti, L. D., Indrayani, L., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Ayodhya Pura Selat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 197. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20125

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Al-jabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Rochmah, L., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi Di Masa Pandemi Covid 19. Edunomic : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 68–83. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.6364

Sahita, N. A., & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 97. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p97-106

Sakinah, N., & Haryati, I. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 379–384. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/3991

Salmah, A., Relita, D. T., & Suriyanti, Y. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 01 Belimbing. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(5). https://doi.org/10.31932/jpe.v5i1.726

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The Impact of Independent Learning on Students’ Accounting Learning Outcomes at Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24776

Sauddeinuk, A. S., Jolianis, & Sumarni. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Siberut engah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Economica : Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 134–142. https://doi.org/10.22202/economica.2017.5.2.485

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(5), 43–56. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/150

Subekti, G. M. T., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh Self regulated Learning, Self Efficacy, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMANISDA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2). https://doi.org/10.31932/jpe.v7i2.1663

Sulistiarti. (2018). Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPEKA : Jurnal Pendidikan Ekonomi , Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 57–70. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p57-70

Suryabrata, S. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Susanto, J., & Sonedi. (2017). Hubungan Penggunaan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi. NERACA : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.33084/neraca.v3i1.926

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Suyati, E. S. (2022). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS II. NERACA : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 112–117. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3582

Syari, R. M., Suarman, & Syabrus, H. (2022). The Effect of Online Learning and Learning Motivation on Student Learning Outcomes in Economics Class XII at SMA N 2 Mandau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14669–14678. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4747

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Wahyuni, D. S. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Man di Kota Palu. Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 21–42. https://doi.org/10.33477/mp.v4i2.286

Winulang, A., & Subkhan. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 185–193. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4697

Yonitasari, D., & Setiyani, R. (2014). Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 241–248. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/3863




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v6i1.24126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats