Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau

Yulia Novita, Retno Wulandari, Salmiah Salmiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 58 orang dengan objek penelitian adalah analisis kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Informan kunci pada penelitian ini adalah 1 orang guru ekonomi yang mengajar mata pelajaran ekonomi dan 4  orang siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas XI IPS mengalami kejenuhan belajar dengan persentase 77,96% dan dilihat dari beberapa faktor penyebab kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yaitu: terlalu lama waktu untuk belajar atau kurang istirahat, belajar secara rutin atau monoton tanpa variasi, lingkungan belajar yang buruk atau tidak mendukung, konflik dalam lingkungan belajar anak baik itu konflik dengan guru atau teman, tidak adanya umpan balik positif terhadap gaya belajar, tidak adanya minat siswa dalam belajar.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Kejenuhan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abu Abdirrahman Al-Qawi. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Jakarta : Khalifa, cet.1.

Alam dan Rudianto. (2013). Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 yang Disemprunakan Kelompok Peminatan. Jakarta: Erlangga.

A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Astaman, dkk. (2018). Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar. Universitas Muhammadiyah Palu: Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), Tahun 2018.

Dedi Wahyudi dan Arnita Sari. Penggunaan Media, Variasi, dan Umpan Balik dalam Proses Pembelajaran untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies. Vol 1, No 2, Juli-Desember 2016.

Dendy Sugono, dkk. (2003). Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: Kompas Gramedia.

Dwi Nugroho Hidayanto. (2019). Manajemen Waktu: Filisofi-Teori-Implementasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Fajri Ismail. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fitri Andriani, dkk. Analisis Kejenuhan Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. BIKONS: Bimbingan dan Konseling. Vol 01, No 01, Agustus 2021.

Ina Magdalena. (2021). Psikologis Pendidikan Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV Jejak.

Indah Muliati. Manajemen Konflik dalam Pendidikan Menurut Perspektif Islam. UNY: Tingkap. Vol 12, No 1, Tahun 2016.

Jimmy Hasoloan. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish.

J. R. Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Lexy Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mahdar Ernita. (2019). Teori Ekonomi Mikro. Pekanbaru: Cv. Mutiara Pesisir Sumatra.

Meta Rulita, dkk. “Analisis Kejenuhan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Biologi di SMAN 1Unggulan Muara Enim”. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 07, No 04, Tahun 2021.

Muhammad Disman, dkk. Faktor-Faktor Penyebab Kejenuhan Blejara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Universitas Halu Oleo: Jurnal Bening. Vol 05, No 02, Juni 2021.

Muhammad Rifa’i. (2018). MANAJEMEN PESERTA DIDIK (Pengelolahan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran). Medan: CV Widya Puspita.

Muhibbin Syah. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT LOGOS Wacana Ilmu.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhabbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Badung: Remaja Rosdakarya.

Muna, N.R. Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cindekia sekarkemuning cirebon. Jurnal Holistik. Vol 14, No 02, Tahun 2013.

Nurasmawi dan Akmal. (2009). Pengantar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau.

Rohmalina Wahab. (2015). Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Ruci Pawicara & Maharani Conilie. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2020.

Shintia Pratiwi, dkk. Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Universitas Sriwijaya: Jurnal Bhineka Tuggal Ika. Vol 5, No 2. Tahun 2018.

Siti Afifah. Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Kosentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 7, No 4, 2019.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Islam (Berbagai Integrasi Dan Kompetensi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thursan Hakim. (2004). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id di akses 10/02/2021, 14.10 PM.

Wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi bapak Gunawan Nur, S.Pd, M.Pd pada tanggal 14 Februari 2022

Wawancara dengan perwakilan siswa kelas XI Dio Sabtu Sadewo pada tanggal 14 Februari 2022

Wawancara dengan perwakilan siswa kelas XI Jesica Kumala Sari pada tanggal 14 Februari 2022

Wawancara dengan perwakilan siswa kelas XI IPS Sutan Muhammad Rozzaq pada tanggal 17 Februari 2022

Wawancara dengan perwakilan siswa kelas XI IPS Rahma Nastsya pada tanggal 17 februari 2022

Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Zalyana. (2014). Psikologi Pembelajaran. Pekanbaru: CV. MUTIARA PESISIR SUMATRA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v5i2.20449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats