Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Di SMA Al Khairiyah Kota Samarinda

Afrita Afrita, Kadori Haidar, Ratna Fitri Astuti

Abstract


Faktor yang sangat penting dalam menunjang tercapainya efektivitas dalam proses belajar mengajar adalah minat belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU) di SMA Al-Khairiyah Kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas XI MIPA, pengumpulan data dilakukan adalah observasi langsung dan mewawancarai siswa kelas XI MIPA, guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dan wali kelas XI MIPA. Berdasarkan hasil temuan diketahui bahwa hanya siswa yang tertarik pada mata pelajaran saja yang merasa senang ketika jam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, sebanyak 75% siswa tidak menyukai teori karena merasa bosan dan hanya merasa senang ketika kerja kelompok dan praktek saja. Ketika guru memberikan tugas siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Sebanyak 83% siswa tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi di kelas dan rata-rata siswa tidak mencatat, siswa hanya mau mencatat ketika disuruh oleh guru saja. Sebanyak 75% siswa masih kurang percaya diri dan merasa takut dalam mengeluarkan pendapat di kelas.

 

Kata kunci: Minat Belajar, Prakarya dan Kewirausahaan

        TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to EnglishPRO
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF

References


a. Buku:

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sukirman, S. (2004). Metode Belajar. Jakarta: Pelangi Cendekia.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

b. Jurnal:

Fatimah, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Captivate Pada Microsoft Word Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Minat, dan Persepsi Siswa Di …. Edu Elektrika Journal, 8(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduel/article/view/37880

Imami, A. I. A. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatifatematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Kurniawati Rahim, H. C. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Sakti. Jurnal Sains Riset, 9(3), 68–79. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i3.161

Mukhtar, R. B. S. dan. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1), 214–229.

Novianto, G. & S. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motif Berprestasi Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Sma Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 440–452.

Prayoga, R. R., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Visual dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Samarinda. Kompetensi, 15(1), 59–65. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.67

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar Analysis of Students’ Interest in Online Learning during the COVID-19 Pandemic at the Elementary School Level. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231–238. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25841/13037

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2015). Pembelajaran Matematik Materi Aljabar. Journal On Education, 01(02), 458–464.

Rokhayati, D. S. dan U. (2007). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Rangkaian Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FTt Uny. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16 (2), 274–292.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494.

Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 376–380.

c. Skripsi:

Indra, I. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Smp Negeri 2 Banda Aceh. 1–105.

d. Proceeding:

Gunawan Rofi, S. & R. F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 34 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 54–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v5i2.19933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats