INTEGRASI ILMU SAINS DAN ISLAM: STUDI PENULISAN SKRIPSI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UIN SUSKA RIAU PEKANBARU

M. Iqbal Lubis, Naskah naskah, depi fatimah susanti, indahwati indahwati

Abstract


Transformasi IAIN ke UIN adalah merupakan implementasi integrasi keilmuan, Sehingga menghasilkan konsep pemikiriran integrasi keilmuan. UIN Suska Riau sendiri dalam logo nya tercermin integrasi keilmuan yaitu spiral Andromeda yang memiliki makna filosofis integrasi tiga bidang keilmuan agama, sains dan humaniora. Tujuan penelitian adalah bagaimana studi penulisan skripsi di UIN Suksa Riau pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada jurusan Pendidikan Ekonomi yang terkait pada integrasi keilmuan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa studi penulisan skripsi di Jurusan Pendidikan Ekonomi belum menggambarkan integrasi keilmuan agama, pendidikan dan ekonomi secara keseluruhan namun ada beberapa skripsi mahasiswa yang integrasi dengan nilai-nilai islam. Hal tersebut di karenakan belum terimplementasi pada regulasi dan metode. Dari sebanyak 61 sampel skripsi tidak ditemukan pemikiran atau model integrasi ilmu agama, pendidikan dan ekonomi. Namun telah menunjukkan integrasi antar satu rumpun ilmu ekonomi dan integrasi dengan ilmu pendidikan dan ekonomi. Tema yang sering diminati mahasiswa dalam judul skripsi adalah tentang strategi pembelajaran, karakter siswa serta kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman dan regulasi dalam implementasi penerapan konsep integrasi keilmuan di UIN Suska Riau.


Keywords


integrasi islam, skripsi, pendidikan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Akademik, Tim Biro. Panduan dan Informasi Akademik. Pekanbaru, 2017.

Amar, Abu. “Model Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama Antara Dikotomi, Naif dan Valid.” Cendekia: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 13, no. 01 (2021): 82–94.

Ansharullah, Ansharullah. “Kajian Tingkat Pemahaman Konsep Integrasi Ilmu dan Islam Antara Dosen Bidang Ilmu Umum dengan Dosen Bidang Ilmu Agama di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 1 (2017): 71.

Arbi, Imam Hanafi, Munzir Hitami, Helmiati. “Model Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Profetika, Jurnal Studi Islam 20, no. 1 (2018): 1–15.

Rahardjo, Mujia. “Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.” 3. Malang, 2017.

Rifai, Nuriena, Fauzan, Wahdi Sayuti, and Bahrissalim. “Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum di UIN Se-Indonesia: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran.” Tarbiya 1, no. 1 (2014): 13–33.

Saifudin. “Integrasi Ilmu Agama dan Sains: Studi Penulisan Skripsi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Profetika 21, no. 1 (2020): 78–90.

Thoyyar, Huzni. “Model-Model Integrasi Ilmu Dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam.” Adabiyah jurnal Pendidikan Islam 1 (2012): 1–30. http://diktis.kemenag.go.id/acis/ancon06/makalah/Makalah Husni Thoyyar.pdf.

Tim Revisi Renstra. Rencana Strategis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2014-2018, 2014.

Wismanto, Munzir Hitami, Abu Anwar. “Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN.” Randai 2, no. 1 (2021): 85–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v5i1.17737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats