PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X AP.1 SMK NEGERI 1 MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG

Nurjannah Nurjannah, Nur Arisah, Andi Tenri Ampa

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada kompetensi dasar mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP.1 SMK Negeri 1 Marioriawa  sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 9 perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pencapaian siswa terhadap materi mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha sudah cukup optimal, sebagaimana disebutkan bahwa kriteria keberhasilan secara individu yang disepakati adalah setiap siswa harus memperoleh nilai >75. Hasil belajar pada materi yang dimaksud di atas menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 60,61 persen, sedangkan pada pelaksanaan siklus II menunjukkan nilai rata-rata kelas 90,91 persen. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, disimpulkan  bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kompetensi dasar mengidentifikasi sikap dan  perilaku wirausaha dapat ditingkatakan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.


Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2005. Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Cemerlang.

Damayanti, Ummi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Materi Konsumsi dan Investasi bagi Peserta Didik Kelas X.3 SMA Negeri 2 Takalar. Skripsi FE UNM Makassar.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Marlina, Sri. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kelas XI Ia SMA Negeri 18 Makassar. Skripsi FMIPA UNM Makassar.

Purnawati, Esti Suci. 2016. Penerapan Metode Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX.G SMP Negeri 1 Bukateja semester I. Skripsi FKIP Universitas Satya Wacana Salatiga.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyanto. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i1.11359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats