ANALISlS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa . Penelitian ini dilakukan di UIN Suska Riau pada program studi pendidikan ekonomi. Sampel pada penelitian ini adalah 92 orang. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan path analysis. Temuan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi hendaknya dosen memberikan soal soal yang menuntut kreativitas dan kekritisan mahasiswa terkait pemecahan masalah dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar mahasiswa dapat meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i1.10955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Diindeksasi Oleh :
Alamat Redaksi :
Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.
Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK
View My Stats