EMPATI REMAJA TERHADAP KORBAN BULLYING DI PEKANBARU

Raja Rahima M.R.A., Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran rasa empati siswa terhadap korban bullying. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang dari lima sekolah di Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Data diperoleh melalui angket terbuka dan diolah dengan skoring 1-5. Deskripsi data menggunakan kriterium dan interval data. Hasil penelitian menunjukkan rasa empati siswa terhadap korban bullying berada pada kategori tinggi. Kemungkinan penyebab bullying adalah faktor lain dan disarankan melakukan penelitian lanjutan dengan subjek penelitian yang lebih besar.

Full Text:

PDF

References


Agus Irianto. 2010. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Beane, A. L. 2008. Protect Your Child from Bullying. San Fransisco: Jossey-Bass.

Fatian Aldiana. 2017. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bulying. Tesis. Padang: UNP Press.

Ioannidou F. & Konstantikaki V. 2008. Empathy and Emotional intelligence: What is it Really About?. International Journal of Caring Science. Vol. 1 No. 3. Diakses pada 15 Maret 2017.

Megapolitan.kompas.com. Diakses pada November 2017.

Nissa Ardilla. 2009. Jurnal Kriminologi Indonesia: Pengaruh Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pelajar Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kriminologi Fisip Universitas Indonesia.

Saripah. 2010. Model Kognitif-Perilaku untuk Menanggulangi Perilaku Bullying (Model Konseling untuk Korban Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswati & Coastrie Ganes Widayanti. Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri di Semarang:Sebuah Studi Deskriftif. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol.5 No. 2. Diakses pada 21 Maret 2017 pada Situs eprint.undip.ac.id/8336/.

Sullivan, K. 2000. The Anti-Bullying Handbook. Auckland: Oxford University Press.

Syaiful Azwar. 2003. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v2i1.7253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats