The Influence Of Authoritary Parenting Styles On Students' Emotional Regulation At State Senior High School 3 Bukittinggi

Zahwa Aulia Siregar, Yeni Afrida, M Arif, Sri Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap regulasi emosi siswa di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Regulasi emosi merupakan kemampuan individu dalam mengelola dan mengekspresikan emosi secara adaptif. Pola asuh otoriter yang bercirikan kontrol yang tinggi dan kehangatan emosi yang minim diduga berpengaruh negatif terhadap kemampuan regulasi emosi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi sederhana. Sampel penelitian adalah 62 siswa kelas XII yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap regulasi emosi siswa dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05 dan t hitung 2,135 > t tabel 1,296. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pola asuh otoriter berpengaruh terhadap regulasi emosi sebesar 7,1%, sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh otoriter berpengaruh terhadap regulasi emosi.


References


Asri, A. F., Maryani, R., & Taufiq, R. (2024). Pola Asuh Orang Tua: Dampaknya terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Education and Development,

Aula, K. (2023). Hubungan Pola Asuh Authoritarian, Religiusitas Dengan Regulasi Emosi Pada Anak Sulung. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baumrind, D. (2013). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. In Adolescents and Their Families (pp. 22–61). Routledge.

Dolnicar, S., Chapple, A., Trees, A. J. "Angiostrongylus-V. I. N. D. I. N. W. . V. R. 120. 1. (1987): 424-424. (1987): 424-424., Team, R. C., Mobley, C. D., Fenkçi IV, Maternal Fizyoloji. “Çiçek MN, Ed.” Kadın Hastalıkları ve Doğum Bilgisi, Öncü Basımevi, A. (2004): 161-9., Dolnicar, S., Chapple, A., Beck, A. (1967). Depression: Clinical, Experimental & Theoretical Aspects. Philadelphia, P. U. of P. P., ÐCengel, Y. A. B., ÐCengel, M. A. Y. A., Boles, M. A., ÐCengel, Y. A. C., ÐCengel, J. M. Y. A., & Cimbala, J. M. (2012). T. (No. 536. 7). M.-H. (2012). T. (No. 536. 7). M.-H., Chabaud, D., & Codron, J. M., Raman, Shanti; Hodes, D., Pv, T., Av, T., & Totox, T. (2015). Scholar (3). In Annals of Tourism Research (Vol. 3, Issue 1, pp. 1–2). http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444

Gross, J. J. (2015). The extended process model of emotion regulation: Elaborations, applications, and future directions. Psychological Inquiry,

Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Regulasi emosi pada remaja laki-laki dan perempuan. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender,

Ningrum, A. F. (n.d.). Pengaruh pola asuh otoriter orang tua dan kematangan emosi terhadap agresivitas remaja di SMAN 1 Dukuhwaru Kota Tegal.

Novianty, A. (2017). Pengaruh pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosi pada remaja madya. Jurnal Psikologi, 9(1).

Pusvitasari, P., & Yuliasari, H. (2021). Strategi regulasi emosi dan resiliensi pada ibu yang mendampingi anak study from home (SFH) di masa pandemi covid-19. Motiva: Jurnal Psikologi,

Putri, N. D. P., & Cahyanti, I. Y. (2020). Psikoedukasi regulasi emosi kepada kader lansia sebagai upaya preventif kambuhnya penyakit hipertensi pada lansia binaan di puskesmas gunung anyar Surabaya. Jurnal Diversita,

Rabiatul, A. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan,

Serdar, C. C., Cihan, M., Yücel, D., & Serdar, M. A. (2021). Sample size, power and effect size revisited: simplified and practical approaches in pre-clinical, clinical and laboratory studies. Biochemia Medica,

Setyowati, R., & Fairuzindra, N. (2023). Peran Kesulitan Regulasi Emosi Dalam Memediasi Pola Asuh Otoriter Ibu Dengan Intensi Menyakiti Diri Pada Remaja. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi,

Sofiati, N. (2024). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter, Regulasi Emosi, dan Kecenderungan Bullying pada Remaja di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih. IAIN Kediri.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v8i2.38167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats