Group Counseling With Traditional Malay Riau Game Techniques In Implementing The Pancasila Student Profile
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alvi, R.R., dkk. (2022) Meningkatkan Jujur Anak melalui Permainan Rakyat Congklak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(5). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2973
Dewa Ketut Sukardi, (2008). Pengantar Pelaksanaan Program BK di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitri Febri Handayani. (2022). Permainan Tradisional Lulu Cina Buta: Stimulasi Keterampilan Sosial Emosional Anak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak. 8 (1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/9609/4281
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Kemendikbud. (2018), Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Satuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020), Panduan Kegiatan Permainan Tradisional Bagi Guru Dan Orang Tua. Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) Jawa Barat
Lusiana, Lubis, W.U. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas VII–3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. INVENTION Journal Research and Education Studies. 3 (2) https://pusdikra-publishing.com/index.php/jres/article/view/696/601
Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik melalui Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan. 33(2) https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/1403
Ulfa Indra Yuni, 2015. “Permainan Statak” .https://wartasejarah.blogspot.com/2015/05/permainan-statak.html di accses pada tanggal 03 Mei 2024, pukul 10:43 Wib
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Raudhah, “Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun”, Jurnal Raudhah, Volume 6, No. 2 Tahun 2018, hlm. 3
Rahmadani, S., Abdillah, M. Z., Oktavia, N. H., & Budiana, B. (2019). "Pengenalan Permainan Tradisional Jawa, Sunda, Batak dan Cina untuk Tingkat Sekolah Dasar."Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AbdiMas), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30871/abdimas.v1i1.1268.
Rusmana, Nandang. (2008). Konseling Kelompok Bagi Anak Berpengalaman Traumatik : Pengembangan Model Konseling Kelompok Melalui Permainan Untuk Mengatasi Kecemasan Pascatrauma pada Anak-Anak Korban Tsunami di Cikalong Tasikmalaya, Disertasi. Bandung : SPS UPI.
Rusmana, Nandang (2009). Permainan (Game & Play).Bandung: Rizqi Press
Sisca Folastri, Itsar Bolo Rangka, Afriyadi Sofyan. Prosedur Layanan. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung:Mujahid Press
Tohirin. (2007) .Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wardana, E.K., dan Suryana, D. (2022). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1857/pdf
Winkel, W.S. dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi. Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v8i1.36030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.