Prosedur Teknik Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini

Rika Devianti

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan nonformal atau pedidikan awal sebelum memasuki pendidikan dasar dan pendidikan selanjutnya. Ketika pendidikan awal bermasalah maka akan mempengaruhi pendidikan selanjutnya, maka perlu bimbingan dari awal utnuk membantu memberikan pemahaman anak terhadap potensinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik-teknik bimbingan dan konseling untuk anak usia dini. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Pelayanan bimbingan dan konseling di PAUD dilaksanakan dengan teknik-teknik yang disesuaikan dengan latar belakang anak, teknik tersebut, yaitu belajar berbasis bimbingan, memadukan bimbingan dalam pengajaran, menciptakan lingkungan yang kondusif, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, konseling, nasihat, bimbingan dan konseling kelompok, metode bermain, terapi seni ekspresif.

Full Text:

PDF

References


Abdulai, A., & Inkoom, A. (2016). Guidance and Counselling in Early Childhood Teacher Training. American Journal of Educational Research, Vol. 4, 2016, Pages 531-538, 4(7), 531–538. https://doi.org/10.12691/education-4-7-5

Adiputra, A. A. N. (2013). Bimbingan Konseling Aplikasi di SD dan TK. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Alizamar, A., Afdal, A., & Ifdil, I. (2018). Guidance and Counseling Services for Kindergarten Students, 169(Icece 2017), 168–172. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.43

Azizah, S. R., Arofah, N. D., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 29. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p29-36

Cahaya Napitupulu, 2019. (2019). Penerapan Bimbingan Konseling Guru Taman Kanak-kanak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati Vol 15 No 1, Juni 2019 25, 15(1), 25–36.

Fernando, F. (2020). Konsep Bimbingan Konseling Anak Usia Dini Serta Alternatif Medianya Melalui Permainan Tradisional. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.536

Fiah, R. El. (2019). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Depok: Rajawali Pers.

Huaqing qi, C., & Kaiser, A. P. (2003). Behavior Problems of Preschool Children From Low-Income Families: Review of the Literature. Topics in Early Childhood Special Education, 23(4), 188–216. https://doi.org/10.1177/02711214030230040201

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2020). Bimbingan & Konseling; Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Iswaningtyas, V. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. In 2nd Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (p. 525). Malang: Universitas Negeri Malang.

Izzaty, R. E., & Astuti, B. (2015). Nilai-Nilai Budaya Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta.

Jeffery, G. H., Lehr, R., Hache, G., & Campbell, M. (1992). Empowering rural parents to support youth career development: An interim report. Canadian Journal of Counselling, 26(4), 240–255.

Khaironi, M. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Nurihsan, A. J. (2009). Bimbingan & Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Ojeme, A. (2017). Integrating Counselling Into Early Childhood Education in. British of Journal Education, 5(11), 68–76.

Rasaq, A. O., & Gafar, I. (2014). Counseling Preventation Strategies and Tecnique for Early Childhood Education: Implication fpr National Development. In 1ST IInternational Conference on Childhood Education Held (pp. 1–12). Malete: Kwara State University.

Sitompul, L. K., Stevani, L. D., Fauziah, R., & Putri, V. T. (2021). Implementasi Teknik Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 501–512. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/4146

Syaodih, E., & Agustin, M. (2008). Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tekin, G. (2012). Counseling and Guidance Services in Early Childhood Education: The Case of Public Preschools in Malatya, Turkey. US-China Education Review B, 10, 875–880. Retrieved from http://www.davidpublishing.com/davidpublishing/Upfile/1/6/2013/2013010669750329.pdf

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 Ayat 14. (n.d.).

Yulianty, N., Almira, A., & Suci, V. (2022). Analysis of the Implementation of Development-Based Guidance and Counseling at Early Childhood Education Institutions (PAUD) in Purwakarta Regency. ICoIS: International Conference on Islamic Studies, 3(2), 532–541.

Yusuf, M. (2022). Ghaidan Guidance and Counseling Implementation Through the Parenting Program in the Early Childhood Education Unit. Ghaidan Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam & Kemasyarakatan, 6(2), 62–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.26526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats