Peningkatan Mental Health Mahasiswa Akhir Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT)
Abstract
Mahasiswa akhir merupakan sekelompok mahasiswa yang sedang berusaha untuk menyelesaikan tingkat pendidikan perguruan tinggi yang sudah diambilnya. Pada tahap ini, mahasiswa akhir biasanya dihadapkan dengan tekanan tinggi dalam menjalani tugas akademiknya, persiapan karir, tuntutan harapan orang tua, keluarga, teman, dan lingkungan. Mahasiswa akhir yang merasa tidak mampu untuk memenuhi harapan atau ekspetasi tersebut dapat mengalami stress, kecemasan, bahkan depresi yang akan mempengaruhi kehidupan mereka secara keseluruhan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat mental health mahasiswa akhir, untuk mengetahui pengaruh Konseling Kelompok dengan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam meningkatkan mental health mahasiswa akhir, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkatan mental health mahassiswa akhir sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik CBT. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan tingkat mental health mahasiswa akhir dari 35 mahasiswa pada variabel mental health terdapat 10 mahasiswa berada kategori rendah dan 25 mahasiswa berada pada kategori sedang, konseling kelompok dengan CBT dapat meningkatkan mental health mahasiswa akhir dari 6 mahasiswa pada variabel mental health terdapat 1 mahasiswa pada kategori sedang dan 5 mahasiswa berada pada kategori tinggi, dan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat mental health mahasiswa akhir sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik CBT
Full Text:
PDFReferences
Adhiputra, N. (2014). Konseling kelompok; perspektif teori dan aplikasi. Yogyakarta: Media Akademi.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal
Keperawatan Jiwa, 5(1), 40
Andhika Fajar Wasesa R. Rachmy Diana.(2016). Pengaruh Pelatihan Rasional Emotif Perilaku
Terhadap Penurunan Perilaku Kecurangan Akademik Siswa: Yogyakarta. Jurnal Intervensi
Psikologi Vol. 8 No. 1 .
Azhari Azhari dan Sulistia ningsih. 2020. Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive
Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. At Taujih:
Bimbingan dan Konseling Islam, 3 (1), 48.
Bakhrudin All Habsy. 2017. Model Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk
Meningkatkan Self Esteem Siswa SMK. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31 (1), 21.
Budi, Y. S. (2020). Aspek kecemasan saat menghadapi ujian dan bagaimana strategi pemecahannya. Jakad
Media Publishing
Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Journal An-Nafs: Kajian
Penelitian Psikologi, 1(1), 1–14.
Edi Kurnanto. (2014). Konseling Kelompok. Bandung; Alfabeta.
Fakhriyani, Diana Vidya (2019). Kesehatan Mental. Pamekasan. Duta Creative.
Fetty Rahmawaty, Ribka Pebriani Silalahiv, Berthiana T, dan Barto Mansyah. 2022. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Pada Remaja. Jurnal Surya Medika (JSM), 8 (3),
-281.
Hamdi. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta. Bumi Aksara.
Hayatun Izma, Satrio Wibowo Rahmatullah, dkk. (2003). Penyuluhan Kesehatan Mental Pada
Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Lambung
Mangkurat. SAFARI : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3 (1), 98-103.
Jessline, I., Satiadarma, M. P., & Idul filastri, R. M. (2021). Studi Meta Analisis Efektivitas Cbt
Untuk Kecemasan Pada Gangguan Bipolar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni,
(2), 569-579.
Kasandra Oemarjoedi. 2003. Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi. Jakarta; Kreative
Media.
Lubis, N., L., & Hasnida. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Mardiyatno. (2011). Ekonomi SMA Kela XII. Jakarta: Yudhistira.
Martini, Muhammad Syahrul, & Andi Bunyamin. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Selama
Pandemi. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 43–49.
Muhammad Ali Adriansyah, Diah Rahayu, Netty Dyan Prastika. 2015. Pengaruh Terapi Berpikir
Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan pada
Mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 4 (2), 105-
Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight:
Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74.
Nisa, W. I. (2019). Penanganan Kesehatan Mental Berbasis Komunitas. Media Nusa Creative.
Putri, T. mardiana. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi Financial Stress mahasiswa
pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 2, Issue 2). Universitas Negeri
Yogyakarta.
Ramadhani, S. E. N., Susyanie, D., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Konseling Cognitive Behavior
Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengatasi Prokrastinasi
Akademik Pada Siswa. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 3(1), 147-
Rizky, M., & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT)
untuk Mengatasi Depresi. eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 265-280.
Sri Eka Wahyuni, Wardiyah Daulay, Mahnum Lailan Nasution. 2019. Cognitive Behaviour Therapy.
Medan; USU Press.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung;
Alfabeta.
Sulistyowati. 2020. Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Behavior Therapy Untuk
Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3 (2), 144-149.
Syamsu yusuf, (2018). Kesehetan Mental Prespektif Psikologis dan Agama. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Zainal Aqib. 2013. Konseling Kesehatan Mental. Bandung; Yrama Widya.
Zakiah Daradjat. 2016. Kesehatan Mental. Jakarta; Gunung Agung
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i2.26033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.