Proses Diagnosis dalam Konseling: Konsep dan Menganalisa sebagai Konselor Profesional dalam Problem Solving Klien
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses diagnosis dalam konseling sebagai konselor professional dalam Problem Solving Klien. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), kegiatan mempelajari, mendalami dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur yang digunakan berasal dari buku, jurnal, atau karya tulsi lainnya yang secara relevan atau valid dengan topik yang digunakan, fokus atau variabel penelitian. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa berbagai masalah yang dihadapi klien saat ini konselor dapat menggunakan berbagai tahap diagnosis untuk mengentaskan maslaah klien. Bahwasannya diagnosis suatu langkah awal untuk mengikuti analisis data, konselor memilih dari berbagai kumpulan kasus, fakta-fakta yang relevan sehingga membentuk dasar prognosis dan rencana untuk konseling atau psikoterapi selanjutnya
Kata Kunci : Diagnosis, Konselor Professional, Problem Solving Klien
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackFull Text:
PDFReferences
Brammer,L.M & Shastrom, E. L. (1982). Therapeutik Psychology. New Jersey : PrenticeHall.Inc.
Daulay Maslina. (2021). Proses Diagnosis dalam Bimbingan dan Konseling. Bimbingan, Jurnal Islam, Konseling Jurnal, Web, 3(1), 51–64.
FITRIANA, H. (2019). Peran Keterampilan Konselor (Counselor Skill) Sebagai Problem Solving Pada Permasalahan Remaja (Studi Literatur). Al-Tazkiah, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i1.1096
John. W Creswell. (2019). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.
Mabruria, A. (2023). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah, 1(2), 80–92. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i2.429
Malik, A. A., & Kurniawan, K. (2018). Tingkat Pemahaman Konselor Tentang Kompetensi Professional dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 30–36.
Maulidya, A. (2018). Berpikir Asosiatif, yaitu Suatu Ide Merangsang Timbulnya Ide-Ide Lain. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 11–29.
Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142. https://doi.org/10.29210/120800
Nurhafiza. (2023). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118.
Prayitno, & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT Rineka Cipta.
Purwanti, S., Wahyu Utami, S., & Latifah, L. (2022). Konseling Sebaya Pada Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 47–55. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5245
Putra, A. (2020). Metode Konseling Individu Dalam Mengatasi Bolos Sekolah Siswa Kelas Viii Smpn 3 Lengayang Sumatera Barat (Studi Kasus Terhadap 1 Siswa). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(2), 112–126. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-01
Putri, A. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Konseling Untuk Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 10. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/
Sulasmono, B. S. (2012). Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, Dan Ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p155-166
Suwarjo. (2009). REDEFINISI DIAGNOSTIK DALAM KONSELING (Sebuah Isu Profesi Konseling). Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 08, 71–80.
Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis (Widodo (ed.)). PT Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.22483
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.