Teknik Hypnocounseling Dalam Konseling Psikoanalisis: Sebuah Pendekatan Efektif Untuk Meningkatkan Achievement Siswa

Wayan Eka Paramartha, I Ketut Dharsana, I Kadek Suranata, Ni Made Diah Padmi

Abstract


Konseling psikoanalisis telah terbukti efektif dalam membantu siswa mengatasi masalah emosional dan akademik. Namun, teknik-teknik konseling psikoanalisis dapat lebih efektif lagi dengan penerapan teknik hypnocounseling. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan teknik hypnocounseling dalam konseling psikoanalisis untuk meningkatkan achievement siswa. Metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini, dengan mengambil sampel tiga siswa yang memiliki masalah emosional dan akademik di sebuah sekolah menengah di kota Singaraja. Masing-masing siswa diberikan enam sesi konseling yang dilakukan dengan teknik hypnocounseling. Achievement siswa diukur sebelum dan sesudah sesi konseling menggunakan skala achievement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik hypnocounseling dalam konseling psikoanalisis efektif dalam meningkatkan achievement siswa. Ketiga siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan achievement yang signifikan setelah menjalani enam sesi konseling. Selain itu, ketiga siswa juga melaporkan perbaikan dalam kesejahteraan psikologis dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pendekatan konseling yang lebih holistik dan efektif dalam meningkatkan achievement siswa.

Kata kunci: Teknik Hypnocounseling, Psikoanalisis, Achievement


Full Text:

PDF

References


Asni, A. (2019). Pemahaman Guru BK Tentang Teknik Hipnokonseling. Jurnal Pengabdi, 5(2).

Atkinson, J. W. (1957). Motivational determinants of risk-taking behavior. Psychological Review, 64(6), 359–372. https://doi.org/10.1037/h0043445

Dyanawati, D., & Hadi, S. (2018). Pengaruh Teknik Hypnocounseling Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 97–103.

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53(1), 109–132. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135153

Eggen, P. D., & Kauchak, D. (2016). Educational psychology: Windows on classrooms (10th ed.). Pearson.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Heap, M., & Dryden, W. (2018). Hypnotherapy: A Handbook. Routledge.

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1).

Hermawan, A. (2020). The Effectiveness of Hypnocounseling in Improving Student Motivation to Learn. International Journal of Advanced Science and Technology. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9), 6219–6227. https://doi.org/10.36356/ijast.2020.29.09.062

Hidayat, T., & Purwokerto, U. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3, 1–13.

Iswari, S. R., & Mardiani, D. K. (2019). Efektivitas Teknik Hypnocounseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 121–128.

Lestari, D. (2022). Pemberdayaan Remaja Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Melalui Hypnocounseling (Studi Kasus di Karang Taruna Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati).

Lisiswanti, R. (2022). Factors Affecting Low Academic Achievement Of Undergraduate Medical Students: Student Experience. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia-The Indonesian Journal of Medical Education, 11(1), 108–188.

Ma’arif, S., & Rustina, Y. (2020). The effectiveness of psychodynamic counseling on anxiety and self-esteem of high school students. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12928/jehcp.v9i1.15231

McMillan, J. H. (2018). Classroom assessment: Principles and practice for effective standards-based instruction (7th ed.). Pearson.

Munawwarah, A. (2021). Persepsi Orang Tua terhadap Perguruan Tinggi Ditinjau dari Latar Belakang Sosial Ekonomi di Lingkungan Jampue Kelurahan Lanrisang Kabupaten Pinrang.

Paramartha, W. E., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2017). Gestalt Counseling with Dialog Game Techniques and Hipno Counseling Techniques for Self Achievement. Bisma The Journal of Counseling, 1(1), 39–49.

Putri, M. A., & Subagia, I. W. (2019). Pengaruh Teknik Hypnocounseling terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 144–151.

Vivi Silvia, S. (2020). Statistika Deskriptif. Penerbit Andi.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 3(2), 214–221.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.22443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats