Pengaruh Self Confidence terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMAN 2 Tebo

Aryayanda Prasetiawan, Rila Rahma Mulyani, Citra Imelda Usman

Abstract


Peneltian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang malu-malu ketika presentasi di depan kelas. Adanya peserta didik yang ragu-ragu menyampaikan pendapatnya dalam persentasi dan adanya peserta didik yang menyuruh temannya untuk menyampaikankan jawabannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Gambaran self confidence peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo. 2) Gambaran prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo. 3) Pengaruh self confidence terhadap prestasi belajar didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 107 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah propotional random sampling dengan 51 orang partisipan Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan skor interval, persentase dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh self confidence terhadap prestasi belajar didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo : 1) Self confidence peserta didik berada pada kategori baik. 2 Prestasi belajar peserta didik berada pada kategori cukup baik. 3) Terdapat pengaruh self confidence terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik Agar peserta didik lebih meningkatkan self confidence sehingga mampu meraih prestasi belajar yang maksimal. Kata kunci: Self Confidence, Presrasi Belajar, Peserta Didik    TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to EnglishPRO
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF

References


Hakim. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Ghufron, Nur, dan Risnawita, Rini. (2011). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Lauster, Peter. (2006). Tes Keprobadian. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.

Oktapiani, E. (2019). Penerapan Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik MTs. QUANTA, 3(1), 21-27.

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Wahyuni, Sri. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahapeserta didik Psikologi. Ejournal Psikologi. 2 (1), 50-64

Wardani, D. K. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Yusuf. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.21602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats