Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa di MTs

Widya Permata Sari, Elni Yakub, Khairiyah Khadijah

Abstract


Saat ini banyaknya siswa yang mengalami prokrastinasi akademik sehingga berakibat kepada hasil dan motivasi belajar. Prokrastinasi akademik yang dilakukan antara lain menunda tugas sekolah, mengabaikan disiplin belajar, mengabaikan jam masuk pelajaran, dan lain sebagainya. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang dilakukan oleh seseorang dengan cara menunda-nunda melakukan kegiatan atau tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang sangat tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik yang setelahnya dianalisis pretest dan posttest menggunakan uji spearman rank dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai uji spearman rank menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,042 (0,042 < 0,05) dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,829. Dengan demikian didapatkan sebanyak 68,7% berpengaruh terhadap pengurangan prokrastinasi akademik siswa. Sehubungan dengan itu agar kepada peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan menggunakan treatment lain untuk pengurangan prokrastinasi akademik seperti teknik sosiodrama.

  TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Maltese Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Maltese to EnglishPRO
Never translate Maltese
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.20352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats