Implikasi Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Motivasi Belajar Anak Desa Bagan Kuala di Masa Pandemi

Ade Chita Putri Harahap, Sekar Aulia Prameswari, Shafira Althasya

Abstract


Sejak tahun 2020 awal, Indonesia mengalami dampak dari virus covid-19 yang berpengaruh pada dunia pendidikan. Hal ini menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh yang dimana setiap individu harus melakukan pembelajaran dari rumah tanpa bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka. Dan hal ini memberikan dampak kepada motivasi belajar siswa yang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Maka dari itu, perlu diadakannya penelitian untuk dapat ditemukan solusi atas permasalahan ini. Salah satu solusi yang tepat untuk hal ini adalah dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok sehingga kelak masalah yang ada dapat ditemukan jalan keluarnya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Setelah diberikan bimbingan kelompok maka maka dapat dilihat adanya peningkatan motivasi belajar pada anak remaja di desa Bagan Kuala yang berdampak pada semangat mereka dalam belajar pula. Salah satu bukti bahwa mereka sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi yaitu dengan perilaku mereka yang sudah menunjukkan rasa antusias dalam membicarakan tentang cita-cita, tentang harapan orang tua dan tentang bagaimana keinginan mereka dalam membanggakan orang tua mereka di masa yang akan datang. Sehingga dapat dipahami bahwa bimbingan kelompok memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan motivasi belajar saat pandemi.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Tetha, Menik. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual. 1 (2): hlm 121.

Ajar, Kurtisa, Alin. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Dengan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI TSM SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal FKIP UAD. 1 (1): hlm 291-292.

Annisa, Nur, Ayudia. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 2 (2): hlm 3.

Edmawati, Dewi, Mahmuddah. (2021). Keefektifan Teknik Homeroom Online Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Upgris. 8 (1): hlm 5.

Fauziah. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1): hlm 31.

Gunawan, Pandini, Intan, Yosi. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Khazanah Akademia. 2 (1): hlm 79.

Lukita, Dyah dan Sudibjo, Niko. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10 (1): hlm 145-147.

Naibaho, Wahyuni, Sri. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah Disaat Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu. 4 (2): hlm 305-306.

Purwaningsih, Rahayu, Sri. (2021). Analisis Peranan Bimbingan Kelompok Berbasis Daring Dengan Teknik Group Discussion Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal BK Pendidikan Islam. 2 (2): hlm 4.

Sidik, Zafar. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 3 (2): hlm 193.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i1.16565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats