Resiliensi Akademik Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring

Khairiyah Khadijah, Maharani Maharani, Masro Fatil Khasanah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan melihat gambaran resiliensi mahasiswa angkatan 2020 terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling FKIP UNRI angkatan 2020 yang belum melaksanakan perkuliahan tatap muka melainkan dengan system daring. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang mana didapatkan sampelnya sebanyak 38 mahasiswa. Instrument penelitian menggunkana angket tingkat resiliensi mahasiswa kemudian disebarkan menggunakan aplikasi google formulir yang dimulai bulan agustus 2021.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Gambaran resilensi mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2020 pada system perkuliahan daring berada pada kategori sedang dan terletak pada indikator kontrol terhadap impuls, 2. Tingkat resiliensi mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2020 berada pada kategori sedang. hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi konselor didalam memberi pelayanan konseling ditengah kondisi tertekan dikarenakan kondisi pendemi atau wabah bencana.

 

Kata kunci: Resiliensi, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


Ana Setyowati, Sri Hartati, Dian Ratna Sawitri,(2010) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Resiliensi Pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi Undip Vol. 7, No. 1

Aryani, F. (2016). Stres Belajar : Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Makassar : Edukasi Mitra Grafika

Astuti, F., & Edwina, T. N DS. 2020. “Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Kelas Karyawan Ditinjau Dari Konsep Diri”. In Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi. Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Yogyakarta.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar (Edisi Pertama). Jakarta: Prenada Media Group.

Heriyanto, M. (2020). Who Are You. Moeh Media Digital. Retrieved from: https://www.google.co.id/books/edition/Who_Are_You/6lPjDwAAQBAJ? hl=id&gbpv=1&dq=Reivich+dan+Shatte&pg=PA35&printsec=frontcover

Idhom, M. A. (2020). Update Corona 5 Mei 2020 di Indonesia dan Dunia: Data Kasus Terbaru. Diakses dari https://tirto.id/update-corona5-mei-2020-di-indonesia-dan-dunia-datakasus-terbaru-fkCo

Ifdil & Taufik. (2012). Urgensi peningkatan dan pengembangan resiliensi siswa di Sumatra Barat. Jurnal ilmiah dan pendidikan, Vol. 7 (2), 115-121and Counseling: 9(1) 17-22

Indirasari, D. T. (2021). Well-being Guru, Dosen dan Mahasiswa di Masa Pandemi. Webinar, https://poskota.co.id/2021/07/18/mahasiswa-indonesia-miliki-resiliensi-rendah-selama-pandemi-apa-yang-harus-dilakukan-pendidik

Mufidah Alaiya Choiril . (2017)Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mahasiswa Bidikmisi Dengan Mediasi Efikasi Diri: Jurnal Sains Psikologi. Vol 6. No 2

Mukaromah, V.F. (2020). Update Virus Corona Dunia 2 Mei: 3,4 Juta Orang Terinfeksi, 1,08 Juta Orang Sembuh. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/

Purwanto, A. et al (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12

Reivich dan Shatte. (2002). Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry, 57, 316. doi:10.1111/j. 1939-0025.1987.tb03541.x

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilince Factor. 7 Essential Skill for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York: Random House, Inc

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Sholichah, I.F., Paulana, A.N., & Fitrya, P. (2018) Self-Esteem dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 191-197.

Sumantri, Arga. (2020). Metamorfosis Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Diakses dari https://www.medcom.id/pendidikan/ inspirasi-pendidikan/JKRGWl5N-metamorfosis-dunia-pendidikan-di-masa-pandemicovid-19

Syska purnama sari, Januar Eko Aryansah & Kurnia Sari. (2020) Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Journal of Guidance

Widuri, E. L. (2012). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Jurnal Humanitas, 9 (2), hlm. 147-156

Husaini, Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i2.14373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

      

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats