Perbedaan Tingkat Daya Juang dan Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau dari Pendapatan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19
Abstract
: This study aims to determine the description and differences in fighting power and achieve- ment motivation of Junior High School in terms of their parents' income. This research uses quantitative methods with a comparative study. Data collection was carried out by means of a questionnaire to 164 students of junior high school. The results of this study indicate that the level of fighting power of stu- dents is mostly at a high level of fighting power of 50.6%. In addition, it was also found that the level of student achievement motivation was mostly at the high achievement motivation level of 45.1%. The re- sults of the unpaired t test show that there is a significant difference in the fighting power of students and the achievement motivation of students whose parents have high income and those who have low income during online learning during the COVID-19 pandemic.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Aminah. (2015). Pengaruh daya juang, manajemen diri dan motivasi berprestasi terhadap kinerja pegawai kementerian agama provinsi Kalimat Timur. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 4(2), 85–104.
Adams, G. & Dubay, L. (2014). Exploring Instability and Children Well-Being: Insights from a Dia- logue among Practitioners, Policy Makers and Researchers. United States: Urban Institute
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,
(3), 282–289.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., & Larasati, D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-
IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan
Islam, 3(01), 123–140.
Cornsita, G. A. L. (2013). Adversity quotient and achivement motivation of selected third year and fourth year Psychology Student of De La Salle Lipa. The Faculty of the College of Education, Arts, and Sciences De La Salle Lipa.
Farisuci, R. M., Budiman, & Lukmawati. (2019).
Motivasi Berprestasi dengan Adversity Quotient pada Siswa Madrasah Aliyah di Kota Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami,
(1), 74–82.
Gerungan. ( 2010), psikologi sosial. Bandung : PT.
nya berpendapatan tinggi, untuk dapat meningkat- kan daya juang nya dalam belajar untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Karena, siswa yang orang tuanya berpendapatan tinggi, memiliki fasili- tas yang mencukupi. Kemudian dapat meningkat- kan motivasi berprestasi, agar mempunyai dorongan yang kuat untuk lebih giat belajar, seperti siswa yang orang tuanya berpendapatan rendah.
Kepada guru bimbingan dan konseling, hen- daknya memberikan layanan bimbingan dan kon- seling untuk meningkatan daya juang dan moti- vaasi berprestasi siswa yang orang tua nya ber- pendapatan tinggi.
Kepada peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian dengan dimensi kepribadian dan faktor gender.
Refika aditama.
Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence
(terjemahan). PT. Gramedia Pustaka Utama. Harahap, N. H. A. (2017). Hubungan antara motivasi
belajar dengan adversity quotient pada siswa di
SMA Nurul Islam Indonesia (NII) Medan. Universitas Medan Area.
Jaggars, S. (2011). Online Learning: Does it Help Low-Income and Underprepared Students. (Assessment of Evidance Series)
Listiawati, Nur. (2017). Persepsi Siswa terhadap Daya Juang Mereka serta Pola Asuh Orangtua dan Guru Di Sd Berakreditasi A dan C Di Kabupat- en Bantul dan Bone Bolango. Jurnal Pendidi- kan dan Kebudayaan. 1(3): 295-316
Lin, M. H., & Chen, H.G. (2017). A Study of the ef- fect of digital learning on learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13 (7): 3553-3564
Masfiah, S., & Putri, R. V. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Game Online. Fokus, 2(1), 1–8.
Novitasari, 2007. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Dan Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Universitas Negeri Malang.
Piem, Mbina. (2016) . Pengaruh Pendidikan dan Sta- tus Sosial Ekonomi Kepala Keluarga Bagi Kesehatan Lingkungan Masyarakat. Medan: Universitas Medan Area. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik (Online). 4 (1).
Pramika. (2017). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akutansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Palembang : Universitas Palembang. Jurnal Neraca (Online), 1(2).
Putra, M. R. G., Hidayati, N. O., & Nurhidayah, I. (2013). Hubungan motivasi berprestasi dengan adversity quotient warga binaan Remaja di LPKA Kelas II. FORMATIF : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 72–77.
Saprudin, S., Wahjoedi, W., & Widiati, U. (2017).
Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Moti- vasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. In Prosiding Seminar Na- sional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jen- deral Guru dan Tenaga Kependidikan Ke- mendikbud 2016.
Sandstrom, H. & Huerta, S. (2013). The Negative Ef- fects of Instability on Child Development: A Research Synthesis. United States: Urban Inti- tute Report: Low Income Working Families Fact Sheet diakses dalam http://www.urban.org/sites/default/files/alfresc o/publication-pdfs/412908-The-Negative- Effects-of-Instability-on-Child-Development- Fact-Sheet.PDF,
Santrock. (2009). Masa Perkembangan Anak.
Salemba Humanika.
Stoltz, P. G. (2007). Adversity Quotient: Mengubah
Hambatan Menjadi Peluang. PT Grasindo. Susanto, A. H. E. (2013). Hubungan antara pola asuh
orang tua dengan motivasi berprestasi siswa ke-
las VIII Di SMP Negeri 1 Sangkapura Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2).
Wardani, W. S. K., & Saidiyah, S. (2016). Daya Juang Mahasiswa Asing. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 213–224. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1111
Wijianto, W., & Ulfa, I. F. (2016). Pengaruh Status Sosial Dan Kondisi Ekonomi Keluarga Ter- hadap Motivasi Bekerja Bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) Di Kabupaten Ponorogo. Al Tijarah, 2(2), 190-210
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.12612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.