PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH MENENGAH

Rusmaini Rusmaini, Ade Holisoh, Badrus Sholeh

Abstract


ABSTRAK

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk menjawab rendahnya literasi digital kritis siswa dan belum optimalnya pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis informasi digital secara kritis, memanfaatkan AI sebagai alat belajar produktif, serta memperkuat kapasitas guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran vokasional. Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan literasi digital dan penggunaan AI, pendampingan implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan evaluasi melalui pre-test, post-test, observasi, dan analisis karya siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan literasi digital siswa sebesar 28–35%, meningkatnya keterampilan siswa dalam menggunakan Canva AI dan ChatGPT, bertambahnya kepercayaan diri guru dalam menerapkan AI, serta terbentuknya Klub Literasi Digital dan AI sebagai wadah keberlanjutan program. Produk kreatif berupa poster digital, video edukatif, dan konten kampanye etika digital menjadi bukti peningkatan kompetensi siswa. Program ini terbukti efektif mendukung transformasi pembelajaran digital dan menghasilkan artikel ilmiah PKM yang siap dipublikasikan.


Kata Kunci: 
Literasi digital; Kecerdasarn buatan; Teknologi; Peningkatan kompetensi

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2023). Literasi digital kritis sebagai kunci kesiapan generasi muda menghadapi era digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.24853/jpt.5.2.89-98

Hapsari, A., & Nugroho, R. (2023). Pengembangan pembelajaran berbasis AI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Edutech, 12(1), 55–67. https://doi.org/10.31004/edutech.v12i1.3490

Karima Putri, K., Lubis, D. P., & Sadono, D. (2024). Pengaruh literasi digital dengan hasil belajar, kecerdasan emosional, kewirausahaan digital siswa SMK di Depok. Jurnal Teknodik, 12(1), 119–132.

Karima Putri, K., Lubis, D. P., & Sadono, D. (2024). Pengaruh literasi digital dengan hasil belajar, kecerdasan emosional, kewirausahaan digital siswa SMK di Depok. Jurnal Teknodik, 12(1), 119–132.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan literasi digital sekolah vokasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Luthfiana, A. A. N. (2024). Pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo (Tesis). Digilib Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/118777

Ma’fud, S., & Abidin, Z. (2025). Analisis literasi AI siswa terhadap prestasi dan motivasi belajar biologi siswa tingkat menengah atas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 45–56.

Ndhanni, A. R., & Ridwan, M. (2025). Efektivitas media pembelajaran berbasis Canva interaktif terhadap keterlibatan siswa SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Vokasi, 4(1), 77–85.

Novianti, S. (2022). Tantangan integrasi literasi digital dalam kurikulum SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 66–75. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.4720

Putri, K., Lubis, D. P., & Sadono, D. (2024). Pengaruh literasi digital dengan hasil belajar, kecerdasan emosional, kewirausahaan digital siswa SMK di Depok. Jurnal Teknodik, 12(1), 119–132.

Sappaile, B. I., Nuridayanti, L., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis pengaruh pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan terhadap pencapaian akademik siswa SMA di era digital. Jurnal Pendidikan Digital West Science, 5(2), 77–88

Sappaile, B. I., Nuridayanti, L., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis pengaruh pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan terhadap pencapaian akademik siswa SMA di era digital. Jurnal Pendidikan Digital West Science, 5(2), 77–88.

UNESCO. (2023). AI and education: Guidance for policy-makers. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000376709

World Economic Forum. (2023). Future of jobs report 2023. https://www.weforum.org/reports/future-of-jobs-report-2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v4i2.38614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks: