Penguatan Pemahaman Materi SIG Melalui Workshop bagi Guru-Guru Geografi Kota Pekanbaru
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru yang tergabung dalam MGMP Geografi Kota Pekanbaru tentang materi Sistem Informasi Geografi (SIG). Kegiatan pengabdian dilakukan 1 (satu) hari, pada hari sabtu tanggal 5 Februari 2024 yang bertempat di aula SMAN 8 Kota Pekanbaru. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru anggota MGMP Geografi Kota Pekanbaru. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mengikuti tahapan metode Participatory Action Research (PAR) yang dimulai dengan identifikasi masalah melalui observasi awal dan wawancara bersama ketua serta pengurus MGMP Geografi Kota Pekanbaru. Hasil observasi tersebut kemudian dijadikan dasar dalam perencanaan aksi yang disusun secara kolaboratif dengan pihak MGMP. Rencana yang telah dirumuskan selanjutnya diimplementasikan melalui kegiatan workshop materi Sistem Informasi Geografi (SIG) sebagai bentuk aksi nyata pengabdian. Setelah kegiatan berlangsung, dilakukan evaluasi yang meliputi tes untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta terhadap materi SIG dan penyebaran kuesioner guna mengetahui respon peserta terhadap kegiatan. Hasil evaluasi ini menjadi bahan refleksi untuk perbaikan berkelanjutan serta perencanaan kegiatan lanjutan di masa mendatang. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru terhadap materi Sistem Informasi Geografi (SIG). Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata nilai pre-test sebesar 7,5 yang meningkat menjadi 9,1 pada post-test setelah pelaksanaan workshop.Kegiatan workshop ini perlu dilakukan secara berkesinambungan dengan pendalaman materi dan atau praktek pengoperasi SIG berbasis digital, sehingga guru-guru Geografi bisa mengikuti perkembangan SIG yang cepat berkembang seiring perkembangan teknologi informasi.
Kata kunci: Sistem Informasi Geografi, workshop, guru geografi
Full Text:
PDFReferences
Asrobudi, Martha, S., Hairuddin, E., Fuaddin, A. H., Maksudi, I., Ridho, R., Poniman, A., & Susanto, A. (2020). Materi Pokok Bidang Studi Geografi: Vol. Cetakan Ke-1. Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia JI. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta Pusat.
Dimyati, M. (2022). Kerangka Acuan Standar Kompetensi Geografi Nasional. Universitas Indonesia Publishing.
İncekara, S. (2012). Do Geographic Information Systems (GIS) Move High School Geography Education Forward in Turkey? A Teacher’s Perspective. BM Alam, Ed, 83–100.
Jumardi, A., Nurfalaq, A., & Manrulu, R. H. (2021). Informasi Geospasial Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Geografi Di Kabupaten Luwu. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 291–303.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Fase E- Fase F untuk SMA/MA/ Program Paket C. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Permendikbud No. 37. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 37 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. tt.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model participation action research dalam pemberdayaan masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.
Saraswati, R., Susilowati, M. H. D., & Latif, T. (2013). Peta Interaktif Untuk Peraga Pembelajaran Geografi SMA. Geomatika.
Sugandi, D. (2014). Pembelajaran Sistem Informasi Geografis Bagi Guru Geografi di Kabupaten Bandung Dan Bandung Barat. Edusentris, 1(1), 1–12.
Sukamto, S., Elfizar, E., & Pratiwi, N. (2017). Sistem informasi geografis pemetaan sekolah berbasis mobile (studi kasus smp negeri di kecamatan tampan pekanbaru). Jurnal Informatika Upgris, 3(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v4i2.38353
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Terindeks:






