PENDAMPINGAN EKSTRAKURIKULER PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA TIMBUL DI SDN 113 PEKANBARU

Devi Arisanti, Sakilah Sakilah, Ismail ismail, Hermi Zaswita

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran geografi melalui media pembelajaran peta timbul. Pelaksanaan dilakukan di SDN 113 Pekanbaru dengan metode pelatihan dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan peta timbul dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep spasial serta meningkatkan minat belajar mereka. Selain itu, guru memperoleh keterampilan baru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif. Artikel ini membahas manfaat, tantangan, serta dampak penggunaan media peta timbul dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Peta Timbul, Pembelajaran Geografi


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Pustaka Pelajar.

Angkowo, I. (2007). Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi. Kencana.

AECT (Association of Education and Communication Technology). (1977). Handbook of Instructional Technology. Washington, D.C.: AECT.

Gagne, R. M. (dalam Angkowo, 2007). The Conditions of Learning. Holt, Rinehart & Winston.

Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J. D. (dalam Angkowo, 2007). Instructional Media and Technologies for Learning. Pearson.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Pembelajaran dan Pengajaran: Teori dan Praktik. Prenadamedia Group.

Rahmawati, M., & Dewi, H. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 112-123.

Sukaetin, A., Kurniasari, R., & Setiawan, M. (2022). Penggunaan Media Peta Timbul Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 12(2), 98-108.

Umami, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Peta Dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 61 Bengkulu Tengah. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 10(3), 145-155.

Wicaksono, H. (2016). Pengembangan Perangkat Media Audio-Peta Timbul (PERADIOTIM) Materi Bentuk Muka Bumi bagi Siswa Tunanetra MTsLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 203-215.

Tim Penyusun Kamus. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Trisnaningsih, S. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 6(1), 45-56.

Undang-Undang Dasar 1945 (amandemen). Pasal 31.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v4i1.37271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks: