PELATIHAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS) UNTUK GURU SMA/MA
Abstract
Karya tulis ilmiah memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan profesi guru. Sebagaimana diketahui bahwa karya tulis ilmiah merupakan salah satu butir penting bagi guru dalam meraih kenaikan pangkat. Namun pada saat ini, masih banyak guru-guru yang belum mampu mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal ilmiah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan guru tentang tata cara penerbitan yang saat ini dilakukan secara online dengan sitem Open Journal System (OJS). Oleh karena itu, Program pengabdian kepada masyarakat pelatihan publikasi artikel ilmiah dengan menggunakan sistem OJS untuk guru MGMP Kimia Kota Pekanbaru yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru melalui peningkatan publikasi artikel ilmiah. Metodologi pengabdian yang digunakan adalah metode participatory action research. Kegiatan ini dilakukan dengan teknik penyuluhan secara langsung (direct), yaitu tim PPkM mengadakan pertemuan dengan guru Kimia SMA yang tergabung dalam MGMP. Kegiatan PkM dilakukan dengan 3 tahapan yaitu, Tahap perencanaan, Tahap pelaksanaan dan tahap Evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk Pelatihan Publikasi Artikel Ilmiah dengan Menggunakan Sistem OJS Untuk Guru MGMP Kimia SMA Pekanbaru telah berhasil dilakukan dengan baik dan sesuai jadwa. Kegiatan pelatihan ini mampu memfasilitasi guru MGMP kimia SMA Pekanbaru untuk meningkatkan pengetahuan dalam melakukan publikasi artikel ilmiah dengan menggunakan system OJS dan Kegiatan pelatihan ini mampu memotivasi guru untuk melakukan peningkatan publikasi karya ilmiah.
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50-58.
Cornwall, A., & Jewkes, R. (1995). What is participatory research?. Social science & medicine, 41(12), 1667-1676.
Hasanudin, C., Fitrinaingsih, A., Rosyida, F., & Noeruddin, A. (2021). Pelatihan Menulis Artikel untuk Jurnal Nasional Terakreditasi dan Mengirim Melalui Open Journal System (OJS). Indonesian Journal Of Community Service, 1(3), 549-555.
Nuraini, L., & Prastowo, S. H. B. (2023). Evaluasi keterampilan guru SMA/MA dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan strategi efektif publikasi artikel pada jurnal ilmiah nasional. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 112-124.
Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah bagi guru-guru sekolah dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140-149.
Wiyaka, W., Saputro, B. A., & Prastikawati, E. F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 192-200.
Wulandari, W., Dewi, R. M., Andriansyah, E. H., & Rafsanjani, M. A. (2024). Pemahaman Penulisan Hingga Submit Artikel Ilmiah: Guru MGMP Ekonomi Surabaya: Understanding Writing to Submitting Scientific Articles: Surabaya MGMP Economics Teacher. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 70-79.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v4i1.37264
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Terindeks: