WORKSHOP BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA INDONESIA
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa calon pengusaha dalam membuat model bisnis yang efektif menggunakan Business Model Canvas (BMC). Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) untuk menciptakan upaya kolaboratif dengan masyarakat. Pre-test dan post-test dilakukan untuk menilai pemahaman peserta tentang BMC. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan, dengan skor rata-rata meningkat dari 50,77 (pre-test) menjadi 78,33 (post-test). Hasil ini menunjukkan pentingnya pelatihan terstruktur dalam meningkatkan kemampuan kewirausahaan mahasiswa untuk mendukung Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. (2021). Modul Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2021. Versi 2.0 revisi 14 februari 2021.
Osterwalder, Alexander & Pigneur, Yves (2017). Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Rahmawan, Arry. Panduan Lengkap Menyusun Bisnis Model Menggunakan Business Model Canvas (BMC). Panduan Lengkap Menyusun Rencana Bisnis Menggunakan Business Model Canvas | Arry Rahmawan. Diakses pada 7 Oktober 2021. (https://arryrahmawan.net/panduan-business-model-canvas/ )
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i2.34700
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Terindeks: