PENDAMPINGAN LABEL KEMASAN SEBAGAI PENINGKATAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM BAKSO GILA
Abstract
Tujuan dari penyuluhan atau pembekalan strategi pemasaran UMKM adalah untuk memberikan
pemahaman tentang label kemasan produk UMKM Bakso Gila Pekanbaru. Sehubungan dengan hal
itu dapat meningkatkan kualitas dan value produk yang isap dikonsumsi oleh kalangan masyarakat.
Lima detik pandangan pertama sangat menentukan pilihan para konsumen, sehingga penampilan
sangatlah penting artinya bagi konsumen di pasaran. Sehingga dengan lebih menginovasikan produk
dapat terciptanya konsistensi minat beli konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan berupa
memperbaharui label kemasan dan pengemasan, tahap yang dilakukan meliputi, survei, analisis
permasalahan, perencanaan, pengembangan produk dan pembuatan laporan. Selain peserta
mengetahui metode pelabelan kemasan, peserta juga dapat mengupgrade label dan kemasan. Hasil
pembahasan yaitu dapat menambah ide-ide kreatif yang sesuai dengan kebutuhan para UMKM di
Pekanbaru untuk menambah jangkauan pemasaran produk dan produk tersebut dapat dikenal oleh
masyarakat luas.
Full Text:
PDFReferences
Yunita, A. R., & Nazaruddin, N. (2023).
Pelatihan Pengembangan Usaha
Melalui Pembaruan Desain Label
Kemasan Pada UMKM Kacang Telur di
Lappacinrana Kabupaten Sinjai.
Welfare: Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 1(2), 242-247.
Perwitasari, D. A. (2021). Branding produk
label kamasan sebagai upaya
pengembangan daya tarik pemasaran
pada Umkm Rengginang di Kelurahan
Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo.
Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1), 34-38.
Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., &
Setyowati, N. (2021). Perbaikan
kemasan Sebagai Upaya Peningkatan
Daya Saing Produk Ukm Murni Snack.
Kawula: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 4(2), 320-327.
Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi
Peningkatan Penjualan melalui Desain
Label Kemasan dan Banner pada
UMKM Surya Makmur.
SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 812-
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada
label dan kemasan produk makanan
umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-
Hastati, D. Y., Nuraeni, A., & Kuntari, W.
(2022). Penerapan Kemasan Dan Label
Untuk Produk Olahan Singkong Di
Kelompok Tani Barokah. Community
Development Journal: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 3(1), 178-183.
Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh
Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT
Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen UMKM Kerupuk Ikan.
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi
Manajemen), 3(2), 125-133.
Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W.,
& Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan
labeling kemasan produk UMKM mitra
binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM
(Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624-
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i2.31158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Terindeks:
View My Stats