PENDAMPINGAN LABEL KEMASAN SEBAGAI PENINGKATAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM BAKSO GILA

Siti Nur Zanah, Lista Ramadeli, Dian Rahmawati, Titi Alayda Marta, Guntur Muhammad Rifky, Solihin Solihin

Abstract


Tujuan dari penyuluhan atau pembekalan strategi pemasaran UMKM adalah untuk memberikan
pemahaman tentang label kemasan produk UMKM Bakso Gila Pekanbaru. Sehubungan dengan hal
itu dapat meningkatkan kualitas dan value produk yang isap dikonsumsi oleh kalangan masyarakat.
Lima detik pandangan pertama sangat menentukan pilihan para konsumen, sehingga penampilan
sangatlah penting artinya bagi konsumen di pasaran. Sehingga dengan lebih menginovasikan produk
dapat terciptanya konsistensi minat beli konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan berupa
memperbaharui label kemasan dan pengemasan, tahap yang dilakukan meliputi, survei, analisis
permasalahan, perencanaan, pengembangan produk dan pembuatan laporan. Selain peserta
mengetahui metode pelabelan kemasan, peserta juga dapat mengupgrade label dan kemasan. Hasil
pembahasan yaitu dapat menambah ide-ide kreatif yang sesuai dengan kebutuhan para UMKM di
Pekanbaru untuk menambah jangkauan pemasaran produk dan produk tersebut dapat dikenal oleh
masyarakat luas.


Full Text:

PDF

References


Yunita, A. R., & Nazaruddin, N. (2023).

Pelatihan Pengembangan Usaha

Melalui Pembaruan Desain Label

Kemasan Pada UMKM Kacang Telur di

Lappacinrana Kabupaten Sinjai.

Welfare: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 1(2), 242-247.

Perwitasari, D. A. (2021). Branding produk

label kamasan sebagai upaya

pengembangan daya tarik pemasaran

pada Umkm Rengginang di Kelurahan

Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo.

Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1), 34-38.

Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., &

Setyowati, N. (2021). Perbaikan

kemasan Sebagai Upaya Peningkatan

Daya Saing Produk Ukm Murni Snack.

Kawula: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 4(2), 320-327.

Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi

Peningkatan Penjualan melalui Desain

Label Kemasan dan Banner pada

UMKM Surya Makmur.

SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 812-

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada

label dan kemasan produk makanan

umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-

Hastati, D. Y., Nuraeni, A., & Kuntari, W.

(2022). Penerapan Kemasan Dan Label

Untuk Produk Olahan Singkong Di

Kelompok Tani Barokah. Community

Development Journal: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 3(1), 178-183.

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh

Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT

Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen UMKM Kerupuk Ikan.

Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi

Manajemen), 3(2), 125-133.

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W.,

& Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan

labeling kemasan produk UMKM mitra

binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM

(Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624-




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i2.31158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks:

 
 
View My Stats