PENYULUHAN TAS RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA IMPLEMENTASI GREEN EKONOMI DI TEGALGEDE

Sukidin Sukidin, Tiara Tiara, Muthmainnah Muthmainnah, Putri Wulandari, Sela Rachmawati

Abstract


Pertambahan jumlah penduduk berkecenderungan menambah jumlah sampah padahal tempat pembuangan sementara dan tempat pembuangan akhir sangat terbatas. Sebagai penyumbang sampah yang masih sangat banyak maka tegalghede sebuah kecamatan di jember dijadikan lokasi kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa penyuluhan tas ramah lingkungan atau totebag sebagai alternatif penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari. Identifikasi masalah yang dihadapi yaitu kesadaran masyarakat yang masih rendah dalam mengupayakan kelestarian lingkungan. Penggunaan kantong plastik yang selalu digunakan oleh masyarakat menyebabkan volume sampah plastik menumpuk. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatnya kesadaran menggunakan tas ramah lingkungan dalam berbelanja serta mengurangi penggunaan sampah plastik. Metode pelaksanaan meliputi observasi, edukasi warga, tanyajawab dan diskusi, Metode direct and indirect motivation dan pembagian tas ramah lingkungan. Hasil diskusi dengan Perangkat Desa dan Masyarakat sekitar masalah yang ditemukan yaitu: a) Masih banyak masyarakat yang masih menggunakan plastik, b) Kurangnya edukasi mengenai green ekonomi, c) Kesadaran akan mencintai dan merawat lingkungan masih minim. Workshop tentang green ekonomi melalui penggunaan tas kain spundbound Memberikan gambaran bagaimana melestarikan lingkungan di Desa Tegalgede dengan penggunaan tas spundbound sehingga mengurangi penggunaan tas plastik. Kesadaran lingkungan, penyuluhan berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengurangi kantong plastik dalam upaya melindungi lingkungan.


Full Text:

PDF

References


H. Widiyatmoko, P. Purwaningrum, F. P. Arum, “Analisis Karakteristik Sampah Plastik di Permukiman Kecamatan Tebet dan Alternatif Pengolahannya”, Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, vol. 7, no. 1, 2015, doi: 10.25105/urbanenvirotech.v7i1.713.

N. Faradila, ”Jenis Plastik Kemasan Produk Makanan dan Minuman dan Peruntukannya”, 2022, https://health.grid.id/read/353341534/7-jenis-plastik-kemasan-produk-makanan-dan-minuman-dan-peruntukannya?page=all7

Nofiyanti, E., Salman, N., Nurjanah, N., Mellyanawaty, M., & Nurfadhillah, T. (2020). Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Souvenir Ramah Lingkungan Di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2), 105–116.

Yulianingsih, I., Zaitun, Damayanti, A., Hayati, C., & Hamid, A. R. (2020). Upaya pengurangan sampah plastik dan bentuk kepedulian lingkungan melalui kerajinan goodie bag. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–12. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8846




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i1.29567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks:

 
 
View My Stats