Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast pada Materi SPLDV di SMP Negeri kota pekanbaru

Abdul Hamid, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio berbasis podcast pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran SPLDV melalui format audio yang menarik dan mudah diakses. Hasil uji validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa podcast pembelajaran ini layak digunakan dengan kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa penggunaan podcast dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam memahami konsep SPLDV secara mandiri. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis podcast ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung proses pembelajaran matematika di SMP

Full Text:

PDF

References


Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.21017

Bustari, Ahmad, Iskandar Abdul Samad, & Diana Achmad (2017). "The use of podcasts in improving students’ speaking skill." JELE (Journal of English Language and Education) 3.2 : 97-111.

Diana & Bachtiar Adi Saputra. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Podcast Smamita Bercakap Dalam Pembelajaran Ekonomi Di Sma Muhamamdiyah 1 Taman. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3) : 375-382. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Diana, L., & Maharani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Teknik Tutorial Berbasis Kemampuan Konseptual Pada Mata Pelajaran Integral. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i1.333

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562

Farida Rachmawati, Kurnia Muhajarah, & Naily Kamaliah. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. JUSTEK : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 38-44.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656

Journal, D., Education, O., Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. October, 131–146.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720

Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 1. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1102

Norhayati, N., & Jayanti, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus: Penggunaan Podcast oleh Mahasiswa di Kota Palangkaraya). Jurnal Humaniora Teknologi, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.34128/jht.v6i1.73

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72. https://doi.org/10.26623/transformatika.v9i2.60

Prawiyogi, A. G., & Purwanugraha, A. (n.d.). Efektifitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di sdit cendekia purwakarta.

Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran The Role of History Teachers in Utilizing Learning Media Innovations. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, R. D., & Faiziyah, N. (2020). Application of Podcasts on Spotify as a Mathematics Learning Media in the Middle of Covid-19 Pandemic Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. 4(1).

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan&Konseptual, 3(2), 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111

Toyib, M., Humaisyi, S., & Muzakki, M. H. (2013). Penggunaan Podcast Dalam (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Kuliah Listening I Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo. Kodifikasia, 6(1). https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v6i1.204

Training, T., Nadhianty, A., Purnomo, A., & Malang, U. N. (2020). IMPLEMENTATION PODCAST AND LEARNING VIDEO TO CONNECTING IN DISTANCE. 4, 24–29.

University, B. (2019, December 03). Podcast: Media Audio dalam Pembelajaran. Retrieved january 20, 2021, from Article: https://binus.ac.id/knowledge/2019/12/podcast-media-audio-dalam-pembelajaran/#:~:text=Peranan%20podcast%20pada%20pembelajaran%20di,belajar%20yang%20powerful%20dan%20positif

Zellatifanny, C. M. (2020). Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 117. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050202




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i3.35116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.