Pemikiran Teologi Pembebasan Asghar Ali Engineer dalam Pendidikan Islam
Abstract
Pemahaman teologi yang kaku akan melahirkan sikap intoleransi, eksklusif, diskriminatif dan sekuler dalam kehidupan umat islam. Sikap demikian akan mempengaruhi segala aspek kehidupan umat islam, terutama pendidikan islam akan mengalami degradasi dari segi sistem dan kebijakan, sehingga menghasilkan generasi yang kaku dalam pemahaman agama. Untuk itu, umat islam perlu mengkaji dan mendalam hakikat teologi yang sesungguhnya dengan menggunakan metodologi keilmuan yang benar. Tujuan penelitian ini untuk dilkaukan untuk mengetahui pemahaman dari Ashgar Ali Engineer pada teologi pembebasan jika dibahas pada dunia pendidikan Islam.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian menggunakan metode library research. Metode library research sebagai alat utamaa dalam mengumpulkan data-data dan informasi dalam beberapa sumber. sumber data yang digunakan diambil dari berbagai literatur yang yang tersedia berupa, buku, jurnal, tesis, skripsi dan internet. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa; 1) Ashgar Ali Engineer termasuk tokoh intelektul muslim yang mempunyai pemikiran tentang teologi pembebasan; 2) dilkaukan untuk mengetahui pemahaman dari Ashgar Ali Engineer pada teologi pembebasan jika dibahas pada dunia pendidikan Islam.; 3) Dalam Kebebasan Kurikulum Asghar menyakini bahwa Islam adalah sumber ajaran dan sejarah yang potensial dalam mengembangkan menjadi ajaran teologis yang membebaskan dan revolusioner.; 4) Teologi pembebasan Ashgar merupakan pendorong revolusi sosial yang memerangi struktur yang menindas dan sejalan dengan tujuan akhir pendidikan muslim yang terletak pada aktivitas merealisasikan pengabdian dan kemanusiaan.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack This page is in Indonesian Translate to English- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id
References
Achmadi. (2010). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Pustaka Belajar. https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=JAKPU%2F11110000000363
Adhan, S. (2016). Theology of Liberation in Thought of Ali Shari’ati. Journal of Islam and Science, 03(02), 259–288.
Ahmad, M. (1998). Tauhid Ilmu Kalam. Pustaka Setia.
Anshori, A. G., & Said, N. (2005). Perempuan dalam Himpitan Teologi dan HAM di Indonesia. Pilar Media.
Assegaf, A. R. (2005). Politik pendidikan nasional: Pergeseran kebijakan pendidikan agama Islam dari praproklamasi ke reformasi. Kurnia Kalam.
Athmainnah, S. (2014). Hermeneutika Asghar Ali Engineer: Menyingkap Mega Skandal Tafsir Patrilineal. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 3(1), 23–34.
Azizah, D. (2019). Teologi Pembebasan Dalam Pendidikan Islam Perspektif Asghar Ali Engineer. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 4(1).
Engineer, A. A., & Prihantoro, A. (2009). Islam dan Teologi Pembebasan. Pustaka Belajar. https://elibrary.dephub.go.id/ucs/index.php?p=show_detail&id=2224
Esha, M. I. (2008). Teologi Islam: Isu-isu kontemporer. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1153/
Fahmi, M. (2022). Kepemimpinan di Madrasah (Kajian atas Kepemimpinan Transformasional dalam Perpsketif Al-Qur’an dan Literatur Kesarjanaan Kontemporer). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 5(02), Article 02. https://doi.org/10.36670/alamin.v5i02.174
Hamlan, H. (2015). Teologi Pembebasan (Asghar Ali Engineer). Hikmah, VIII(1), 63–71.
Hamzah. (2013). Teologi Sosial: Telaah pemikiran Hassan Hanafi. Graha Ilmu. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=851563
Haryanto, A., Azis, A., & Samsudin. (2024). Teologi Pembebasan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Hassan Hanafi). ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.61220/ri.v2i1.017
Latif, M. (2017). Teologi Pembebasan dalam Islam: Asghar Ali Engineer. Orbit Publishing Jakarta. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/4637/
Muhaimin. (2009). Rekonstruksi pendidikan Islam: Dari paradigma pengembangan, manajemen kelembagaan, kurikulum hingga strategi pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Muhammad, K. H. H. (2022). Perempuan, Islam, dan Negara. IRCISOD.
Munir, A. (2010). Teologi Dinamis (Ponorogo). STAIN Po Press. //opac.iainponorogo.ac.id/index.php?p=show_detail&id=14441
Munir, A. (2023). Hassan Hanafi: Kiri Islam dan Proyek Al Turats Wa Al Tajdid. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 16(3), 251–259.
Mustaqim, M. (2015). Paradigma Islam Kritis (Studi Pemikiran Teologi Pembebasan Ali Asghar dan Kiri Islam Hasan Hanafi. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 3(2). http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v3i2.1799
Negara, M. A. P. (2023a). Pembaharuan Diskursus Teologi Islam: Studi atas Pemikiran Asghar Ali Engineer. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jpi.v3i1.17624
Negara, M. A. P. (2023b). The Construction of Liberation Theology in Islam: A Study of Asghar Ali Engineer’s Thought. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.56324/drs.v4i1.49
Negara, M. A. P., & Muhlas, M. (2022). Reformulasi Konsep Tauhid: Studi Analisis Pemikiran Hassan Hanafi. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), Article 2.
Nitiprawiro, F. W. (2008). Teologi Pembebasan. LkiS Pelangi Aksara.
Nitiprawiro, W. (2008). Teologi Pembebasan: Sejarah, Metode, Praktis dan Isinya. LKiS. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=446363
Nuryatno, M. A. (2000). Asghar Ali Engineer’s Views on Liberation Theology and Women’s Issues in Islam: An Analysis [Universitas McGill]. https://escholarship.mcgill.ca/concern/theses/sq87bw403
Pendidikan Nasional, P. B. D., & Bahasa Indonesia. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (3rd ed.). Balai Pustaka. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=345332
Putra, R., & Amril, A. (2019). Teologi Maut Vs Teologi Pembebasan Asghar Ali Engineer. Jurnal Al-Aqidah, 11(2), Article 2.
Salim, H. H. (2010). Menimbang Teologi Pembebasan Islam: Refleksi Pemikiran Asghar Ali Engineer. Jurnal Orientasi Baru, 19(2), Article 2.
Syamsuddin, M. M. (2000). Teologi Pembebasan Menurut Asghar Ali Engineer; Makna dan Relevansinya dalam Konteks Pluratis Agama di Asia. Jurnal Filsafat, 31, 258–269. https://doi.org/10.22146/jf.31350
Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Prenada Media.
Zainuddin. (1996). Ilmu Tauhid Lengkap. Rineka Cipta. https://onesearch.id/Record/IOS4100.slims-4889/TOC
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i2.33069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.