Efektifitas Psikoedukasi dan Komunikasi Positif untuk Meningkatkan kominikasi antara Remaja terhadap Orangtua

Anugrasia Auliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi dan komunikasi efektif untuk meningkatkan komunikasi antara remaja dan orang tuanya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan sebagai berikut: 1) ibu yang memiliki anak remaja mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak remajanya; 2) Remaja belum mengetahui apa yang dimaksud dengan remaja aktif, sehat dan peduli terhadap orang lain; 3) Kurangnya pengetahuan dan motivasi dalam menyalurkan bakat dan keinginannya, sehingga remaja belum mampu menilai apakah perilakunya baik atau salah untuk masa depannya. Berdasarkan permasalahan yang telah diperoleh maka intervensi yang akan diberikan berupa konseling atau psikoedukasi terkait perkembangan yang terjadi pada remaja, komunikasi efektif pada remaja. Ada 3 kelompok sasaran intervensi yaitu ibu-ibu yang memiliki remaja dan remaja RW 14 Tegal Panggung. Intervensi yang diberikan berupa psikoedukasi mengenai komunikasi perkembangan remaja, komunikasi efektif dengan remaja dan bagaimana menjadi remaja sehat yang peduli terhadap sesama.

Full Text:

PDF

References


Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Depkes. (2010). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. JakaRTa: Salemba Medika.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Hermans, B. (2000). Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch, [online], (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 25 Juli 2015 )

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: SoedjaRWo dan Iswidayanti. JakaRTa: Erlangga.

McPheat, S. (2010) Effektifive communication skills, MTD Training & Ventus.

Moleong, Lexy J. (2002 ). Metotologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Publishing Aps: WWW.BookBooN.COM ., ISBN 978-87-7681-598-1

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Rahayu, S. (2016). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

World Health Organization. Definisi Remaja WHO: WHO; 2006 [cited 2016 20 February]. Available from: www.who.int.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i1.28899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.