Evolusi Pendidikan Islam: Perjalanan Sejarah Melalui Waktu
Abstract
Pada kitab al-Qur’an, termuat konsep-konsep, prinsip-prinsip, aturan-aturan, keterangan-keterangan, kaidah-kaidah serta dasar-dasar ajaran yang sifatnya menyeluruh. Hal-hal tersebut juga memiliki sifat ijmali maupun tafsili, serta eksplisit maupun implisit. Kesempurnaan Al-Qur’an tentu harus direalisasikan dalam penyelenggaraan pedidikan.Sejalan dengan ini Ahmad Tafsir menjelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan harus diarahkan pada peningkatan keimanan, dan harus menjadi core value dalam setiap kebijakan. Keimanan dan ketakwaan harus menjadi sebuah core value pada seluruh aspek dan domain pendidikan. Bagaimana realisasi dari konsep pendidikan Islam di lapangan, apakah sepanjnag histori Islam dapat direalisasikan secara baik. Menjawab nasara ini, maka dilakukanlah kajian kepustakaan tentang model pendidikan Islam dari masa ke masa yang semoga memberikan gambaran untuk di i’tibari dengan terus berkemajuan untuk peningkatan mutu pendidikan Islam.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Z. A. A. (1975). Riwayat Hidup Ibn Rusyd, Jakarta: Bulan Bintang.
Al Abrasi, A. (1993). Tarbiyah Al-Islamiyah, terj. Bustami A.Ghani, Jakarta: Bulan Bintang.
al-Mubarakfury, S. R. (2000). Sirah Nabawiyyah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
al-Syirbashiy, A. (1962). Qishshat al- Tafsir, Kairo: Dar al-Qalam.
An-Nahlawi, A. (1999). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press.
Anwar, A. (2009). Ulumul Qur’an, Jakarta: Amzah.
Arief, A. (2005). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa.
Asari, H. (1994). Menyingkap Zaman Keemasan Islam, Bandung: Mizan.
Azhar, S. (2017). Prosfek Islam dalam Menghadapi Tantangan Zaman, Jurnal Auladuna Vol. 6 No. 2.
Darmawati & Parno. (2013). Analisis pengembangan kurikulum berbasis kompetensi (studi kurikulum program studi muamalah jurusan syariah dan ekonomi Islam STAIN Samarinda. dalam Jurnal FENOMENA, 5(2).
Haekal. (1972). Sejarah Hidup Muhammad, Terj. Ali Audah, Jakarta: Tintamas.
Hamzah, S.H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kog-nitif, Afektif, Psikomotorik, dalam Jurnal Dinamika Ilmu, 12(1).
Ilyasin, M. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Urgensinya dalam Implementasi otonomi Sekolah, Jurnal Dinamika Ilmu, 6(1).
Khalaf, A. W. (1983). ‘Ilm Ushul al-Fiqh, Kuwait: Dar al-Qalam.
Kusuma, G. C. (2017). Pemberdayaan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.
Lapidus, M. I. (1999). Sejarah Sosial Umat Islam, Jakarta: Rajawali Pers.
Maksum. (2010). Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Muthoharoh, (2018). Wajah Pendidikan Islam di Spanyol pada Masa Daulah Bani Umayyah, Tasyri’, 25(2).
Rifai, M. (1978). Fiqih Islam Lengkap. Semarang: Karya Toha Putra.
Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji, dalam Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1).
Soekarno & Supardi, A. (1990). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Angkasa Bandung.
Tafsir, A. (2010). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Timur, D. (1982). Kebijaksanaan Peminaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.
Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Evaluation on the use of online comics among students: Development studies at Universitas Terbuka. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 37-48.
Yunus, M. (1990). Sejarah Pendidikan Islam dari zaman Nabi Khalifah-khalifah Rasyidin, Bani Umaiyah dan Abbasiyah sampai zaman Mamluks dan Usmaniyah, Jakarta: Hidakarya Agung.
Zarkasih, Z., Yusro, N., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2022). Identifying Radicalism Potential in Senior High School Students in Riau Province. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 8(1), 98-110.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i1.28850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.