Pemberdayaan Komite Madrasah dalam Pelaksanaan Manajemen berbasis Madrasah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Kecamatan Bathin Solapan

Mariani Mariani, Zaitun Zaitun, Sohiron Sohiron

Abstract


implementasi Manajemen Berbasis Madrasah akan berlangsung secara efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional. Komite madrasah adalah suatu lembaga yang perlu dibentuk dalam rangka pelaksanaan Manajeman Berbasis Madrasah (MBM). Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Bathin Solapan telah membentuk komite madrasah sebagai mitra kerja kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan komite madrasah dalam pelaksanaan manajemen berbasis madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Kecamatan Bathin Solapan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yakni metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Komite Madrasah MI Kecamatan Bathin Solapan Bangkalis telah menjalankan perannya sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengontrol (controlling agency) dan peran Komite Madrasah sebagai Mediator dengan baik. Pelaksanaan manajemen berbasis madrasah di MI Kecamatan Bathin Solapan dianggap sudah cukup baik. Komite Madrasah sudah cukup berperan di Madrasah, namun belum optimal. Hal ini dikarenakan peran madrasah tersebut hanya memenuhi 6 dari 8 Standar Mutu Pendidikan. Upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi hal ini adalah Komite Madrasah dapat membentuk tim kerja yang terdiri dari anggota komite dan tenaga pendidik untuk mengevaluasi kinerja madrasah dan merumuskan rencana aksi perbaikan.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Ansori AH, Pentingnya Manajemen Berbasis Madrasah/Madrasah dalam Kepemimpinan Madrasah/Madrasah Efektif, Jurnal Tarbawi, Vol. 2 No. 1, 2016, hlm. 27.

Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag RI, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, 2005, hlm. 24.

Departemen Agama RI, Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, Jakarta, 2003, hlm. 5

Hamid, Manajemen Berbasis Madrasah, Al-Khawarizmi, Vol. 1, 2013, hlm. 87.

Ismanto' H, Murtafi' ah NH, Lestari S, Implementasi Peran Komite Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Bakauheni Lampung Selatan, Unisan Jurnal, Vol. 01 No. 01, 2022, hlm. 491-501.

Nasyirwan, Pencapaian 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Lulusan, Manajer Pendidikan, Vol. 9, Nomor 6, 2015, hlm. 724-736.

Ramli, Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, Vol 3 No.1, 2021, hlm. 147-163.

Sanjani MA, Implementasi Model Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Madrasah Tsanawiyah Swasta TPITanjung Putus, Jurnal IANSIRU PAI, Vo. 3 No. 1, Januari-Juni 2018. Hlm. 103-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v3i3.26683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.