Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pembelajaran Quantum

Mohd. Fauzan, Amril M

Abstract


Pembelajaran   pada   kurikulum   2013   telah   menerapkan   pembelajaran   yang berpusat pada peserta didik serta menyenangkan. Proses pembelajaran bertujuan untuk membangun perkembangan peserta didik secara utuh, meliputi aspek keagamaan, aspek sosial, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Proses pembelajaran juga melibatkan keseluruhan potensi baik potensi psikis maupun potensi  fisik.  Salah  satu  model  pembelajaran  yang  dapat  mengaktivkan  segala aspek adalah model pembelajaran quantum. Inovasi pembelajaran quantum merupakan cara yang digunakan oleh guru dalam mengkomunikasikan materi kepada peserta didik, sehingga proses belajar mengajar berlangsung secara efektif untuk mencapai perkembangan yang optimal. Model pembelajaran quantum menyajikan lingkungan belajar secara terkonsep, meliputi lingkungan mikro, lingkungan makro, maupun lingkungan formal. Model quantum memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar karena sebagian besar yang ada di alam akan sering  ditemui  oleh  peserta  didik.  Semakin  banyak  sumber  belajar  maka  hasil belajar akan bervariasi sehingga pengetahuan yang didapatkan peserta didik pun lebih banyak.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., Hanum, S., Simaremare, J. A., Wahab, A., Minar Trisnawati Tobing, M. P., Owon, R. A. S., ... & Nanda Saputra, M. P. (2021). Inovasi Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-109.

Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016, November). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). In Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Bahri, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme Di Indonesia (Landasan Filosofis Dan Psikologis Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 69-88.

DePorter, B., & Hernacki, M, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2009.

DePorter, B., & Hernacki, M, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: KAIFA, 1999.

DePorter, B., & Hernacki, M, Quantum Learning (Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman). Jakarta: Kaifa, 2002.

DePorter, B., Readon, M., & Nourie, S.S, Quantum Teaching (Alih bahasa: Ary Nilandari). Bandung: Mizan, 2001.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 1(2), 94-109.

Didiyanto, D. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum PAI di Lembaga Pendidikan. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 122-132.

Direktorat KSKK Madrasah. (2020). Kesiapan dan Kendala Madrasah dalam Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Wabah Virus Corona di Indonesia.

Djabidi, F. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan pada Tingkat Dasar dan Menengah. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 36-54.

Efendi, I. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum PAI berbasis Teacher and Student-Center. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 25-44.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).

Emalia, E., & Farida, F. (2019, July). Inovasi Pendidikan Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Dalam Upaya Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Erdiyanto, E., Asha, L., Warsah, I., & Hamengkubuwono, H. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri O2 Lebong, Bengkulu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 234-250.

Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16-30.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hakim, M. N., & Hasan, M. T. (2019). Inovasi Kurikulum Pendidikan SMA Darul Ulum 2 di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 1-13.

Halil, H., & UlumPamekasan, S. M. (2015). Inovasi Kurikulum Pesantren Dalam Memproyeksikan Model Pendidikan Alternatif Masa Depan. Ulûmunâ: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 146-169.

Hamdi, M. M. (2017). Konsep Pengembangan Kurikulum. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-13.

Hamid, A. (2020). Penerapan Metode Keteladanan sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 3(2), 154-169.

Hidayat, A. W. (2020). Inovasi Kurikulum dalam Perspektif Komponen-Komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 2(1), 111-129.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Tyler Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197-218.

Hidayati, N. (2019). Inovasi Pendidikan Akhlaq berbasis Manajemen Qolbu di MI Sunan Kalijogo Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 103-122.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39-48.

Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64.

Insyiroh, I. M., Hariani, E. P., & Mubaroq, S. (2020). Pendidikan berbasis kearifan lokal sebagai solusi menghadapi kesenjangan digital dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di Indonesia. Indonesian Journal of Social Development, 1(1), 51-72.

Iru, La & La Ode Safiun Arihi, Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Bantul: multi presindo, 2012.

Iswanto, A., Muzayanah, U., Muawanah, S. (2020). Survei Pembelajaran Jarak Jauh Masa Covid. 10.13140/RG.2.2.30082.71366.

Jaafar, N., & Tamuri, A. H. (2013). Hubungan antara efikasi kendiri dengan kualiti guru pendidikan islam sekolah menengah kebangsaan malaysia. Journal of Islamic and Arabic Education, 5(1), 41-60.

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01).

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).

Kartika, K. (2021). Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa dengan Sistem Merdeka Belajar. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 2(1), 54-65.

Kementerian Agama. (2020). SK Dirjen Pendis No. 2791 Tahun 2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Khumaidah, S., & Nu’man, M. (2021). Inovasi Media Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi COVID-19. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 90-101.

Kusmayadi, Y. (2018). Implementasi Penggunaan Bahasa Inggris pada Pembelajaran PAI Diniyah Ulya Kelas 4 dengan Metode Collaborative Learning di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 176-190.

Kusnandi, K. (2019). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare to Be Different”. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132-144.

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1).

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94.

Manshur, A. (2019). Inovasi Pendidikan Akhlak Berbasis Manajemen Qolbu. AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 1(1), 21-29.

Marcica, E., & Nurmatin, S. (2020). Pemanfaatan Google form Sebagai Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. AL-ABHATS| Islamic and Humanities Research, 1(1).

Maryati, S. (2020). Inovasi Kurikulum berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi dan Evaluasi. AL-KARIM, 5(2), 51-66.

Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., ... & Prasetya, A. B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Megandarisari, M. (2021). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1-9.

Muflikh Fuadi, A, Pelaksanaan Pembelajaran Quantum Di Sekolah Dasar Muhammadiyah I Magetan. Tesis Pascasarjana UNS: Surakarta, 2009.

Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1).

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).

Muzayanah, U., Muawanah, S., & Wibowo, A. M. (2020). Laporan Penelitian Kurikulum Darurat di Tengah Pandemi Covid-19. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.

Neni, N. (2020). Manajemen Evaluasi Program Tulis Baca Al-Qur’an. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).

Nimawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 5(2), 81-98.

Noorzanah, N. (2018). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. ITTIHAD, 15(28), 68-74.

Permana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 2 Juli 2020, hal. 115-124.

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB) Taman Lumbini Tebango Lombok Utara. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Prastowo, A, Pengembangan Bahan Ajar Tematik; Panduan Lengkap Aplikatif, Jogjakarta: Diva press, 2013.

Priasmoro, D. P. (2016). Literatur Review:Aplikasi Model Sosial Dalam Pelayanan Kesehatan Jiwa Pada Ibu Hamil dengan Hiv/Aids. Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Science), 4(1), 12–19. https://doi.org/10.21776/ub.jik.2016.004.01.2

Pribadi, B. A. (2014). Pengembangan Program Tutorial Via Media Teknologi Video Conference Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(1), 1-11.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Putri, J. W., & Muslim, B. A. (2017). Evaluasi penyelenggaraan program pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar (PPLP) cabang olahraga taekwondo provinsi DKI Jakarta. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 90-101.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56-65.

Rahmawati, E. T., Apriliani, E., & Diantoro, F. (2021). Perbaikan Substansi Kurikulum Melalui Inovasi dalam Menghadapi Problematika Era Revolusi 4.0. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan, 6(1), 91-113.

Ritonga, M. (2018). Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Hingga Masa Reformasi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Roqib, M, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKIS, 2009.

Rosni, R. (2017). Landasan Sosial Budaya Dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(1), 128-136.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).

Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44–50.

Sasmita, F. A., Swartika, F., Hasan, M., Arisah, N., & Alisyahbana, A. N. Q. A. (2021). Inovasi Pembelajaran Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid 19.

Suardipa, I. P. (2020). Kajian Creative Thinking Matematis Dalam Inovasi Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 15-22.

Sudrajat, T., Komarudin, O., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 339-347.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140.

Suherli, T. (2018). Kinerja Mengajar Guru Dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 293-300.

Sunandar, D. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Nasional. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 2(1), 1-21.

Supriyadi. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

Syaefudin Sa’ud, U, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Thaib, R. M., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 216-228.

Utomo, S. T., & Ifadah, L. (2020). Inovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 3(1), 19-38.

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249-265.

Wardani, A. L. A., Sulistiani, I. R., & Dewi, M. S. (2021). Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV di SD Islam Bani Hasyim. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 197-209.

Yao, J., et all. (2020). What Role Should Teachers Play in Online Teaching during the COVID19 Pandemic? Evidence from China. SIEF, Vol.5, No. 2, 2020, hal. 517-524.

Yoon, B. (2020). The Global Pandemic as Learning Opportunities about the World: Extending School Curriculum. Middle Grades Review: Vol. 6 : Iss. 2 , Article 7, hal. 1-7.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Zainullah, Z., Mahfud, M., & Hairit, A. (2020). Model Kepemimpinan Transformatif dalam Menciptakan Inovasi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v3i3.20753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.