Pendidikan Ibadah Shalat Anak Usia Dini Menurut Al-Qur’an di Era Modern

Armadis Armadis, Said Agil Husin Al Munawar, Alwizar Alwizar

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan konsep metode Nabi Muhammad dalam mengajarkan sholat kepada anak-anak dan menjelaskan metode pengajaran sholat yang tepat di era modern. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini berupa penelitian kepustakaan berupa buku dan artikel jurnal dengan topik ibadah untuk pendidikan anak. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode naratif untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan mengelompokkan berbagai sumber kemudian mendeskripsikan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Nabi Muhammad SAW dalam mengajarkan perintah sholat kepada anak-anak adalah metode pembiasaan dan hukuman. Hal ini harus didasarkan pada enam petunjuk dasar Nabi Muhammad SAW, salah satunya mengatakan bahwa diperbolehkan memukul anak-anak ketika mereka tidak berdoa. Ada beberapa jenis perkembangan dalam pelaksanaan ibadah sholat di era modern bagi anak, salah satunya adalah perlunya mengikuti metode modern yang berbasis digital.

Full Text:

PDF

References


Aminah, N. (2015). Pola Pendidikan Islam Periode Khulafaur Rasyidin. Tarbiya: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 31-46.

Amrulloh, A. (2016). Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak. Didaktika Religia, 4(1), 1-28.

Aristyasari, Y. F. (2018). Konstruksi Hadis Pendidikan Shalat Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan. Muslim Heritage, 3(2), 217-238.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20-34.

Asroruddin, M. (2016). Pembinaan Moral Spiritual Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Jamaah. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 1(1), 72-116.

Bachtiar, E. (2014). Shalat sebagai Media KomuniKAsi vertikal transendental. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2).

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.

Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Kecerdasan Spiritual Generasi Milenial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 31-65.

Filasofa, L. M. K. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 79-84.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126-129.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126-129.

Hairiyah, S., & Arifin, S. (2020). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sejak Dini. Jurnal Kariman, 8(02), 279-294.

Imron, A. (2012). Re-interpretasi Hadis Tarbawi tentang Kebolehan Memukul Anak Didik. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 141-157.

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini di Era Milenial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282-314.

Kaharuddin, K. (2019). Konsep Pendidikan Agama dan Karakter Anak dalam Hadits Riwayat Abu Daud. SANGAJI: Jurnal Pemikiran Syariah dan Hukum, 3(1), 104-124.

Kh, E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan karakter untuk anak usia dini menurut QS Lukman: 13–19. Pedagogi: Jurnal anak usia dini dan pendidikan anak usia dini, 3(3a).

Kurahman, T. (2018). Nilai, Peran, serta Fungsi Shalat dan Masjid dalam Menyikapi Problematika Masyarakat Modern. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(1), 109-129.

Miswanto, A. (2016). Tanawu’Al-Ibadah Di Muhammadiyah: Studi Terhadap Konsep Haji Tamattu’Dengan Satu Sa’i Hasil Ijtihad Kh. Zen Fanani Magelang. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 51-75.

Pulungan, E. N. (2018). Peranan Orang Tua Dalam Mengajarkan Pendidikan Shalat Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 6(1).

Qustulani, M. (2013). Implikasi Shalat terhadap Pendidikan Moral dalam Islam. Fikrah, 6(1).

Ramli, R. (2019). Moderasi Beragama bagi Minoritas Muslim Etnis Tionghoa di Kota Makassar. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 12(2), 135-162.

Sakdiah, S. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(1).

Samsudin, “Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak,” Scaffolding J. Pendidik. Islam dan Multikulturalisme, vol. 1, no. 2, pp. 50–61, 2019, doi: https://doi.org/10.37680/scaffoldig=ng.v1i2.119

Sihotang, K. (2021). Problematika Eksistensial Pendidikan Humaniora Berbasis Media Teknologi Digital Secara Daring. Sapientia Humana: Jurnal Sosial Humaniora, 1(01), 1-14.

Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Syah, I. J. (2019). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Telaah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat). J. Child. Educ, 2(1), 1-21.

Tambak, S. (2019). Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 1-20.

Umayyatun, U. (2019). Efektivitas “Punishment” Sebagai Instrumen Memodifikasi Perilaku Remaja. Ekomadania: Journal of Islamic Economic and Social, 2(2), 80-93.

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208-225.

Wafa, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Bengkel Shalat Dan Laboratorium Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Pamekasan. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 5(1), 39-49.

Yanuarti, E. (2019). Pola asuh Islami orang tua dalam mencegah timbulnya perilaku LGBT sejak usia dini. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 57-80.

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i3.18447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.