Nilai-nilai Pendidikan dalam Shalat: Studi Teks dalam Tafsir Al-Misbah

Erizon Erizon, Said Agil Husin Al Munawar, Alwizar Alwizar

Abstract


Saat ini, sebagian besar umat Islam tidak menyadari arti dan sifat doa. Menurut Quraish Shihab, seorang muslim yang memahami pentingnya dan nilai-nilai pendidikan dalam shalat, sikap, akhlak, dan cara berpikirnya juga harus berlandaskan pada Al-Qur'an dan Hadits. Dokumen ini mencoba mengkaji tentang pentingnya dan pentingnya shalat bagi seorang hamba Allah SWT. Doa dianggap paling besar karena doa juga memiliki tiga komponen manusia; Yang pertama adalah gerak tubuh, yang kedua adalah bahasa lisan dan yang ketiga adalah insting hati yang ditujukan kepada Allah SWT. Semua komponen tersebut dapat membentuk akhlak yang baik bagi seorang muslim dalam berhubungan dengan Allah dan sesama.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. B. B., Haron, M. S., & Mastor, K. A. J. (2020). Khusyuk Dalam Solat: Analisis Perbandingan Makna Khusyuk Diantara Tafsir Al-Jalalayn Dan Tafsir Melayu Nusantara. Al Hikmah: International Journal of Islamic Studies and Human Sciences, 3(4), 210-229.

Ahmad, V. I. (2020, May). Salat Khusyuk Sebagai Sarana Mencegah Perilaku Amoral Dan Immoral Perspektif Alquran. In 1st International Conference on Morality (InCoMora) (No. 1, pp. 102-112).

Ahmad, V. I., & Suyuthi, A. (2019). Sholat sebagai Sarana Pelatihan Mindfulness: Jawaban Untuk Tantangan Pendidikan Islam Menghadapi Theage Of Complexity. Akademika, 13(01).

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.

Amalih, I. (2014). Sufisme dalam Perspektif KH Muhammad Idris Jauhari. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 4(1), 119-144.

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39-56.

Andy, S. (2019). Hakekat Tafsir Surat Al-Fatihah (Pemahaman Hakikat Ibadah Kepada Allah Swt Dalam Menghadapi Persoalan Kehidupan). Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir, 4(1), 78-100.

Ari, A. W. (2016). Urgensi Shalat dalam Membentuk Karakter Muslim Menurut Quraish Shihab. Jurnal Ulunnuha, 5(2), 41-52.

Ari, A. W. (2016). Urgensi Shalat Dalam Membentuk Karakter Muslim Menurut Quraish Shihab. Jurnal Ulunnuha, 5(2), 41-52.

Ariadi, P. (2019). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Syifa'MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 3(2), 118-127.

Asti, I. T. (2019). Paradigma Psikologi Komunikasi Dalam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Dalam Lingkup Individu Dan Sosial. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 6(1), 75-101.

Bukhari, I. (1951). Shahih Bukhari, Jilid I, alih bahasa Zainuddin Hamify et.al. Jakarta: Widjaya.

Busyro, B., & Amin, S. (2018). Kedudukan Bak Pencuci Kaki Sebelum Masuk dan Keluar Tempat Berwudhuk Dalam Tinjauan Fiqh Ibadah. Al Hurriyah: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 1-12.

Chaniago, F., & Sampoerno, M. N. (2021). Penanaman Ajaran Agama Islam Tentang Ibadah Sholat Lima Waktu Yang Dilakukan Oleh Orang Tua Pada Anak Di Kelurahan Pekan Gedang Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 51-60.

Chodijah, S. (2017). Konsep Shalat Tahajud Melalui Pendekatan Psikoterapi Hubungannya dengan Psikologi Kesehatan (Penelitian di Klinik Terapi Tahajud Surabaya). In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Dalimunthe, S. S. (2012). Dimensi akhlak dalam shalat telaah teologis-filosofis. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 27(2), 292-303.

Darma, S. (2019). Urgensi Pembukuan Transaksi ditinjau dari Perspektif Syariah. At-Tasyri'iy: Jurnal Prodi Perbankan Syariah, 2(2), 17-39.

Elihami, E., & Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 51-60.

Firdaus, S. (2016). Salat Berkualitas Salat Berjiwa Ihsan. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 9(1).

Hawwā, (2002). al-Islam Jilid I, alih bahasa Abu Ridho dan Aunur Rafiq Shaleh Tamhid. Jakarta: AL-I’tishom.

Hisniati, S. B. (2020). Pengaruh Program Bimbingan Ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Suryalaya Terhadap Akhlak Mahasiswa. Muntazam, 1(1).

Ismail, Y. Z. (2015). Konsep Pendidikan Nawâwî Al-Bantani. Ulûmuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 121-145.

Kafrawi, K. (2018). Nilai Pendidikan Dalam Shalat Fardhu (Studi Tafsir Al-Misbah). Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 149-158.

Mahmudin, M. (2018). Tanggung Jawab Dan Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Shalat Bagi Anak Usia Dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Mayalibit, M. Y. U., & Yusuf, M. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Ajaran Islam Di Kampung Samate Kepulauan Raja Ampat. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(1), 31-48.

Millah, F. N., Uyun, Q., & Sulistyarini, R. I. (2020). Pelatihan Shalat Khusyuk Meningkatkan Kebahagiaan pada Family Caregiver Pasien Stroke. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 12(2), 81-96.

Miswar, A. (2017). Sabar dalam persfektif al-qur’an. Jurnal al-Hikmah, 19(2), 88-110.

Quraish, M. (2003). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur‟ an. vol. 11 cet. I. Jakarta: Lentera Hati.

Raihanah, R. (2016). Konsep Sabar Dalam Alquran. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(1).

Salahudin, M., & Arkumi, B. (2016). Amalan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Sebagai Proses Pendidikan Jiwa Di Masjid Babul Muttaqin Desa Kradenan Jetis Ponorogo. Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 2(1), 73.

Samuji, S. (2021). Recognizing Educational Requirements for Teachers in Reaching Efforts Islamic Education Objectives. Jurnal Paradigma, 11(01), 45-45.

Sholihah, M. A., Aminullah, A., & Fadlillah, F. (2019). Aksiologi Pendidikan Islam (Penerapan Nilai-Nilai Aqidah Dalam Pembelajaran Anak Di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 63-82.

Surasman, O. (2020). Membangun Pendidikan Keluarga di Atas Pundi-Pundi Rabbaniyyah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 96-123.

Syafiq, A. (2016). Zakat ibadah sosial untuk meningkatkan ketaqwaan dan kesejahteraan sosial. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 2(2), 380-400.

Taliak, J. (2018). Pendidikan Nilai dalam Memanusiakan Manusia. Tangkoleh Putai, 15(1), 57-74.

Toriqularif, M. (2017). Hakikat Dan Sistem Nilai Dalam Konteks Pendidikan (Sistem Nilai: Keluarga, Masyarakat, Kebudayaan dan Agama). Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(1), 37-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i2.18446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.