Metode Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Hadits

Erizon Efendi, Ilyas Husti, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Siswa beragam dalam hal kualitas intelektual, kuantitas ilmiah, dan kecenderungan psikologis. Guru diharapkan bersikap moderat dalam menghadapi siswa yang berbeda. Guru juga diharapkan bersikap objektif dalam aspek epistemologis dan menerapkan metode, strategi, dan pendekatan yang holistik dan fleksibel. Pemilihan metode harus tepat berdasarkan beberapa faktor agar hasilnya memuaskan. Ada tiga metode pengajaran: kebijaksanaan, mau'izah, dan jidal. Hikmah mengacu pada metode yang ditujukan untuk orang-orang dengan tingkat intelektual yang tinggi; mau`izah mengacu pada metode yang ditujukan pada orang biasa dengan memberi mereka nasihat dan metafora yang dapat menyentuh jiwa mereka; dan jidal mengacu pada metode yang diarahkan pada Alkitab dan agama-agama lain dengan mengadakan debat yang adil dan retorika yang baik tanpa kekerasan atau kutukan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v3i2.16007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.